Terima Kunjungan Rektor UNS, Wabup KLU Sampaikan Apresiasi

Redaksi
Kamis, Januari 31, 2019 | 23.03 WIB Last Updated 2019-01-31T15:09:34Z
CINDERAMATA. Wabup KLU Sarifudin SH MH bertukar cinderamata bersama Rektor Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) Prof. Dr. Ravik Karsidi. (Foto: Humaspro Pemda Lombok Utara)  



LOMBOK UTARA - Wakil Bupati Lombok Utara, Sarifudin SH MH menerima kunjungan pengabdian pada masyarakat oleh Rektorat dan civitas akademika Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik bertajuk Integritas Kemitraan, Kamis (31/1) di Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan 125 unit Hunian Sementara (Huntara) untuk korban gempa, penyerahan MCM sehat, penyerahan bantuan sarana pemberdayaan ekonomi, dan peresmian Masjid Nurul Muttaqin Desa Gumantar.

Hadir dalam kegiatan itu Camat Kayangan HM Tohir SH, unsur OPD Setda KLU, civitas akademika UNS, tokoh agama, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS Prof. Dr. Sulistyo Saputro, dalam pengantarnya menjelaskan, pada tanggal 5 Agustus 2018 silam telah dibentuk tim Tanggap Bencana Lombok UNS yang bekerja sama dengan berbagai stakeholder diantaranya unsur TNI/Polri, Pemkab Sragen, pihak rumah sakit.

"Saat itu, kami membentuk empat tim. Tim pertama melakukan evakuasi korban, tim kedua melakukan rujukan ke rumah sakit. Tim ketiga saya sendiri yang memimpin bersama 15 dokter terdiri dari dokter umum, dan spesialis. Kemudian tim keempat satu dokter bedah tulang dan enam perawat juga berada di RSUD Provinsi NTB, serta bantuan obat-obatan dan logistik," kenangnya.

Untuk rekontruksi dan trauma healing, lanjutnya, melibatkan psikiater selama 5 bulan, yang terasa berat ketika memasang paralon hampir 5 ribu lonjor pipa sehingga dalam waktu satu bulan air sudah bisa mengalir.

"Di samping itu juga kami membangun 16 unit MCK pada 13 dusun yang ada di Desa Gumantar. Kami juga membangun empat masjid serta membagikan Al-Qur'an
kemudian memberikan pelatihan terhadap kelompok UKM yang ada di Desa Gumantar," paparnya.

Wabup KLU Sarifudin SH MH dan rombongan UNS dan jajaran Pemda KLU foto bersama di Desa Gumantar.(Foto: Humaspro Pemda Lombok Utara)

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin SH MH, menyatakan kehadiran rektorat dan civitas akademika UNS memberikan semangat bagi masyarakat Lombok Utara untuk bangkit.

Menurutnya, Pemerintah Daerah KLU, masyarakat Gumantar dan Lombok Utara pada umumnya, menyampaikan terima kasih yang tak terhingga, atas apa yang telah diberikan pada penanggulangan bencana gempa.

"Upaya yang kami lakukan dari pemerintah daerah, belum begitu maksimal melakukan pembangunan hunian untuk masyarakat, karena banyak kendala yang kami hadapi, tetapi kami terus berusaha dan berusaha," kata Wabup.

Rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi MSi., mengungkapkan apa yang dilakukan oleh tim UNS itu semata-mata karena persaudaraan dan pengabdian terhadap masyarakat.

Tiga tahapan yang dilakukan antara lain membentuk tim tanggap bencana dalam program tanggap bencana gempa, berikutnya tahap pemulihan dan rekonstruksi, serta yang ketiga pemberdayaan pascagempa.

"Kami titip anak-anak mahasiswa untuk KKN mengabdikan dirinya. Kerjasama dan kebersamaan masyarakat disini dengan UNS, semoga menjadi wahana persaudaraan. Kalau memang ada anak-anak kita disini yang mau kuliah, silahkan didaftarkan. Kami memberikan beasiswa, selain itu UNS memelopori mahasiswa berbakat yang Hafidz Qur'an," jelasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari Rektor UNS kepada Wakil Bupati Lombok Utara serta penyerahan secara simbolik 125 Huntara, diakhiri dengan penandatanganan prasasti oleh Rektor UNS. (Sas/Humaspro)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Terima Kunjungan Rektor UNS, Wabup KLU Sampaikan Apresiasi

Trending Now