NTB Optimistis Penuhi Target Kunjungan 4 Juta Wisatawan Tahun Ini

Redaksi
Rabu, Februari 27, 2019 | 14.02 WIB Last Updated 2019-02-27T06:02:18Z
PARIWISATA NTB. Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah. (Foto: Dok. MandalikaPost.com) 


MATARAM - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan optimistis mampu memenuhi target 4 juta kunjungan wisatawan tahun 2019 ini.

Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, saat ini kondisi infrastruktur pendukung pariwisata di Lombok dan Sumbawa sudah normal setelah proses recovery dilakukan pasca bencana gempa bumi 2018 lalu.

"Kita harus perjuangkan target 4 juta wisatawan. Pariwisata kita sudah pulih, fasilitas (pariwisata) kita juga sudah siap menerima kunjungan (wisatawan). Sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk berwisata ke NTB," kata Ummi Rohmi, Rabu (27/2) di Mataram.

Ummi Rohmi mengatakan, untuk meraih target tersebut, setidaknya 18 event pariwisata sudah masuk dalam Calendar of Event (CoD) Pariwisata NTB.

Belasan event unggulan ini digelar sepanjang 2019 baik di Lombok maupun di Sumbawa.

Empat event diantaranya bahkan masuk dalam CoE 2019 di tingkat nasional yang mendapatkan atensi penuh dari Kementerian Pariwisata RI.

"Event-event pariwisata ini juga akan sangat membantu mendorong tingkat kunjungan wisatawan ke NTB," kata Ummi Rohmi.

Ia mencontohkan, event Lombok Sumbawa Great Sale (LSGS) 2019 dan event Festival Pesona Bau Nyale 2019, yang baru saja digelar.

Ummi Rohmi mengatakan, kondisi saat ini yang masih cenderung sepi wisatawan disebab karena memang masih dalam masa low season.

Selain itu masalah mahalnya harga tiket pesawat juga mempengaruhi pergerakan wisatawan ke NTB.

“Ini kondisinya low season dan untuk tiket pesawat, juga terjadi di seluruh Indonesia. Tapi dari sisi kesiapan, NTB sudah bangkit dan normal,” katanya.

Ia berharap, harga tiket pesawat bisa segera diatasi agar pariwisata di Indonesia terutama di NTB dapat kembali membaik.

Seperti diketahui, NTB termasuk salah satu Provinsi unggulan pariwisata nasional selain Bali.

Dengan ikon The Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, saat ini NTB juga tengah menjadi sorotan dunia setelah ITDC dan Drona Group mengikat kontrak kerjasama menggelar event MotoGP 2019 di Mandalika. MP05/Ari
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • NTB Optimistis Penuhi Target Kunjungan 4 Juta Wisatawan Tahun Ini

Trending Now