Sekitar 200 Titik PJU Tenaga Surya Bakal Terpasang di Lombok Utara

Redaksi
Sabtu, Februari 09, 2019 | 12.58 WIB Last Updated 2019-02-09T04:58:41Z
Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar bersama anggota DPR RI Dr H Kurtubi, Sekjen Dewan Energi, Saleh Abdurrahman saat meresmikan PJUTS di Lombok Utara. (Foto: HumasPro Lombok Utara)  


LOMBOK UTARA - Kementerian ESDM mengalokasikan pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) sebanyak 300 titik di kawasan terdampak gempa bumi di pulau Lombok.

Dari jumlah tersebut sebanyak 200 titik PJUTS akan dipasan di wilayah Kabupaten Lombok Utara.

"Alhamdulilah saat ini sudah terpasang separuhnya, dalam waktu dekat terus kita pasang lagi sisanya," kata Sekretaris Jendral Dewan Energi Dr. Ir. Saleh Abdurrahman, Jumat (8/2), saat meresmikan PJUTS di halaman Kantor Bupati Lombok Utara.

Saleh menjelaskan, pilihan PJU bertenaga surya dilakukan untuk meningkatkan ketahanan energi.

Salah satunya, dengan peningkatan peran energi terbarukan semisal tenaga surya.

"Ke depan kita terus menggalakkan energi terbarukan karena geliat pembangunan di KLU ini, terus diperhatikan oleh pemerintah pusat," kata Saleh.

Sementara itu, anggota DPR RI Komisi VII Dr. H. Kurtubi, menyatakan DPR mendukung program-program pemerintah untuk membangkitkan kembali Lombok Utara, setelah dilanda bencana gempa seperti Program Pemasangan PJUTS ini.

"Program PJUTS yang diusulkan melalui DPR RI berjumlah 200 titik setiap tahun. Pada tahun 2018 sudah diusulkan 75 titik untuk KLU, sedangkan 125 titik lain untuk wilayah Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan kabupaten lainnya," paparnya.

Menurut Kurtubi, lantaran KLU terdampak musibah gempa yang paling besar, diperlukan tambahan minimal 200 titik lagi di luar usulan reguler.

"Kami kemudian mengusulkan tambahan tersebut, dan disetujui 125 unit (lagi)," katanya.

Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar mengapresiasi upaya Kementerian ESDM untuk membantu KLU bangkit pasca bencana.

Menurutnya, dengan diresmikannya pembangunan listrik tenaga surya  tentu dapat menjawab kebutuhan masyarakat Lombok Utara.

"Kita menginginkan di pinggir jalan terang benderang oleh lampu pada malam hari, penting dalam perspektif sebagai daerah wisata," kata Bupati Najmul.

Bupati juga mengapresiasi Kementerian ESDM, dan anggota Komisi VII DPR RI Dr. H. Kurtubi, SE. MSp. MSc., yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat Lombok Utara.

"Harapan kita dengan banyaknya lampu yang bertenaga surya ini nantinya dalam kondisi apapun kita tetap bisa memberikan penerangan jalan kepada masyarakat," katanya.

Peresmian PJUTS juga dihadiri Sekretaris Daerah KLU Drs. H. Suardi, MH., Para Staf Ahli, Kepala OPD Lingkup Pemda KLU, Perwakilan Dinas ESDM Provinsi NTB, Camat Tanjung, Mahasiswa UGM dan tamu undangan lainnya. (Sas)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sekitar 200 Titik PJU Tenaga Surya Bakal Terpasang di Lombok Utara

Trending Now