Seribu Personil Zeni TNI Diterjunkan Bantu Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi

Redaksi
Selasa, Februari 19, 2019 | 21.51 WIB Last Updated 2019-02-19T14:00:39Z
BANTU PERCEPATAN. Anggota TNI dari Yonzipur 2/SG Kodam II/Sriwijaya, saat tiba di Bandara Internasional Lombok, Lombok Tengah. (Foto: Penrem 162/WB) 

MATARAM - Sekitar 1000 orang personil Zeni TNI diterjunkan untuk membantu proses percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi penanggulangan dampak bencana (PDB) Gempa Bumi di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain sebagai fasilitator pendamping, para anggota TNI berkeahlian khusus konstruksi ini akan membantu teknis pembangunan rumah hunian tetap (Huntap), bagi masyarakat korban gempa bumi di NTB.

"Penambahan personel TNI ini sebagai salah satu upaya untuk mempercepat proses rehab rekon di wilayah Provinsi NTB yang terkena dampak gempa," tegas LO Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kolonel CZI Dian Hendra, yang didampingi Danrem 162 WB Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani, Senin (18/2) saat kedatangan 1 SSK Yonzipur 2/SG Kodam II/Sriwijaya Palembang, di Bandara Internasional Lombok.

Kolonel Dian Hendra berharap dengan adanya dukungan ini, proses percepatan rehab rekon seluruhnya bisa diselesaikan hingga bulan April 2019 mendatang.

Danrem 162/WB Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan, penambahan personel 1 SSK Yonzipur 2/SG akan ditempatkan di Kodim 1607/Sumbawa dan langsung bergabung dengan Fasilitator baik sipil, TNI dan Polri yang sudah ada di Pulau Sumbawa.

"Pasukan ini akan melakukan koordinasi dengan Pokmas, Fasilitator dan Aplikator yang ada di Kabupaten Sumbawa agar proses percepatan rehab rekon rumah rusak berat dapat berjalan aman dan lancar," katanya.

Pasukan Yonzipur 4/Tanpa Kawadnya dipimpin Lettu CZI Nugroho tiba di BIL, disambut  Kasrem 162/WB Letkol Inf Endarwan Yansori dan perwakilan BNPB. (Foto: Penrem 162/WB)

Sementara itu, hingga Selasa (19/2) tercatat dua gelombang pasukan tambahan Zeni TNI tiba di Bandara Internasional Lombok, Lombok Tengah.

Danrem 162/WB Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani yang dikonfirmasi melalui Kapenrem 162/WB Mayor Inf Dahlan menjelaskan, 1 SSK pasukan Yonzipur 9/Langlang Bhuwana Divisi I Kostrad berjumlah sekitar 100 personil, Selasa pagi (19/2) tiba menggunakan pesawat TNI AU dengan nomor Ekor A-1318.

"Pasukan yang dipimpin Komandan SSK Kapten CZI Sunardi ini disambut oleh Kasrem 162/WB Letkol Inf Endarwan Yansori dan para Kasi dan Pasi serta Kasdim 1620/Lombok Tengah," kata Mayor Inf Dahlan.

Dahlan mengatakan, 1 SSK pasukan Yonzipur 9/Langlang Bhuwana Divisi I Kostrad ini akan bertugas membantu percepatan rehab rekons di wilayah Kodim Lombok Barat, tepatnya di Kecamatan Gangga, Lombok Utara.

Selain itu, tambahnya, pada Selasa siang (19/2) 1 SSK Yonzipur 4/Tanpa Kawadnya juga tiba di Bandara Internasional Lombok.

Pasukan yang dipimpin Lettu CZI Nugroho ini juga disambut oleh Kasrem 162/WB Letkol Inf Endarwan Yansori dan sejumlah perwakilan BNPB.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Seribu Personil Zeni TNI Diterjunkan Bantu Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi

Trending Now