KOHATI Mataram Peringati IWD dengan Dialog Publik "Melawan HIV/AIDS"

Redaksi
Jumat, Maret 08, 2019 | 17.09 WIB Last Updated 2019-03-08T09:09:09Z
KOHATI MATARAM. Ketua TP PKK NTB Hj Niken Saptarini Zulkieflimansyah bersama Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi dan jajaran KOHATI Kota Mataram, usai dialog publik di Mataram.(Foto:Ariyati Astini) 


MATARAM - Memperingati Hari Perempuan Internasional atau International Woman Day (IWD) 2019, Korps HMIwati (KOHATI) Cabang Mataram menggelar Dialog Publik dengan tema "Hidup Sehat Bersama KOHATI dan Perempuan NTB Melawan HIV-AIDS", Jumat (8/3 ) di aula Sangkareang, Kantor Gubernur NTB.

Acara tersebut diikuti oleh anggota HMI se-Cabang Mataram, perwakilan  Organisasi Kemahasiswaan dan Pemuda (OKP) dan OSIS se-Kota Mataram.

Hadir pula beberapa alumni HMI seperti Didi Sumardi (Ketua DPRD Kota Mataram), Andayani (Komisioner KPID NTB), dan lain-lain.

Materi diskusi disampaikan oleh Ketua TP PKK Provinsi NTB Hj Niken Saptarini Zulkieflimansyah dan Sekretaris KPAD NTB, Suhermanto.

Ketua Umum HMI Cabang Mataram, Andi Kurniawan mengatakan, permasalahan HIV AIDS menjadi tantangan kesehatan hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Sejak pertama kali ditemukan sampai dengan Juni 2018, HIV/ AIDS telah dilaporkan keberadaannya oleh 433 (84,2%) dari 514 kabupaten/kota di 34 Provinsi di Indonesia termasuk NTB.

"Saya rasa tema diskusi yang diusung KOHATI sangat tepat, mengingat semakin banyaknya pengidap HIV AIDS di dunia," katanya.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, jumlah kumulatif infeksi HIV yang dilaporkan sampai dengan Juni 2018 sebanyak 301.959 jiwa (47% dari estimasi ODHA jumlah orang dengan HIV AIDS tahun 2018 sebanyak 640.443 jiwa) dan paling banyak ditemukan di kelompok umur 25-49 tahun dan 20-24 tahun.

Ada pun Provinsi dengan jumlah infeksi HIV tertinggi adalah DKI Jakarta (55.099), diikuti Jawa Timur (43.399), Jawa Barat (31.293), Papua (30.699), dan Jawa Tengah (24.757).

"Seorang ibu merupakan madrasah utama bagi setiap anak," kata Nurul Huda, Ketua Umum KOHATI dalam sambutannya.

Ia mengatakan momentum ini merupakan bukti nyata KOHATI terlibat aktif dalam upaya mencerdaskan perempuan bangsa, yang hal itu merupakan spirit terbentuknya KOHATI.

KOHATI akan mengambil peran dalam pencegahan HIV AIDS khususnya di Kota Mataram.

Selain dialog publik, ada beberapa agenda lain yang dilakukan KOHATI Cabang Mataram dalam memperingati Hari Perempuan Internasional, diantaranya gerakan seribu nasiuntuk warga kurang mampu.

"Minggu pagi besok kita juga akan mengadakan kampanye tolak HIV AIDS di arena car free day Udayana," ungkap Depanda, Ketua Bidang Eksternal KOHATI.

Sementara itu, dalam sambutannya sekaligus membuka acara Ketua DPRD Kota Mataram Didi Sumardi berharap agar masyarakat meningkatkan rasa kepeduliannya terhadap sesama, sehingga akan terwujud sebuah bangsa yang sejahtera. MP05/Ari
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KOHATI Mataram Peringati IWD dengan Dialog Publik "Melawan HIV/AIDS"

Trending Now