Lombok Tourism Volunteers akan Promosikan Pariwisata Lombok ke Kota Besar di Jawa Timur

MandalikaPost.com
Rabu, Maret 27, 2019 | 17.59 WIB Last Updated 2019-03-27T09:59:44Z
Ketua LTV, Lalu Widianing Arta bersama Bupati Lombok Tengah HM Suhaili FT. (Istimewa) 


LOMBOK TENGAH - Lombok Tourism Volunteers (LTV) akan mempromosikan potensi pariwisata Lombok khususnya, Lombok Tengah, ke sejumlah Kota Besar di Provinsi Jawa Timur.

"Ini merupakan promosi kedua yang kami lakukan. Kita sedang mantapkan perencanaannya," kata Ketua LTV, Lalu Widianing Arta, Rabu (27/3) di sela rapat persiapan Promosi LTV II di Desa Jelantik, Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah.

Lombok Tourism Volunteers merupakan gabungan dari para pelaku dan industri pariwisata yang ada di pulau Lombok yang mengabdikan diri sebagai relawan pariwisata untuk kemajuan pariwisata NTB.

LTV sangat aktif melakukan kegiatan yang bersifat sosial atau relawan sejak bencana gempa bumi Agustus 2018 dengan membantu menyalurkan bantuan ke lokasi gempa, membangun tempat ibadah.

Lalu Widianing Arta menjelaskan, di awal tahun 2019 lalu, LTV sudah melakukan promosi pariwisata di tiga Kota Besar yakni Yogyakarta, Malang, dan Denpasar.

"Metode promosi yang kami lakukan berbeda dengan metode yang biasa dipakai oleh asosiasi maupun pemerintah, contoh Agent to Agent, Pemerintah dengan Pemerintah. Metode yang kami pakai adalah langsung terjun ke konsumen atau calon wisatawan langsung," katanya.

Ia mengatakan, kondisi pariwisata Lombok saat ini masih lesu di masa low season. Dampak gempa bumi 2018 dan mahalnya harga tiket pesawat semakin membuat kondisi masin lesu.

Dari kondisi inilah LTV terus berupaya melakukan kegiatan yang bisa mengembalikan trend kunjungan ke Lombok.

"Sejak bulan Agustus tahun lalu, kunjungan pariwisata turun draatis, sangat terasa sekali dampaknya sampai  pada keuangan keluarga, terutama teman-teman guide. Ini yang membuat kami harus berbuat sesuatu," katanya.

Soal biaya untuk kegiatan promosi di Jawa Timur, ia mengatakan, promosi tahap kedua LTV akan bersumber dari beberapa donatur yang peduli terhadap kemajuan pariwisata Lombok.

"Kami berharap sekali pemerintah dalam hal ini Pemprov NTB mau ikut berpartisipasi dalam kegiatan kami ini," harapnya.

Lalu Widianing Arta mengatakan, jajaran LTV juga sudah mengusulkan ke Pemda Kabupaten Lombok Tengah, dan langsung menghadap ke Bupati HM Suhaili FT.

"Bupati Suhaili sangat interested dengan konsep yang kami tawarkan dan kami didukung penuh," katanya. MP03/Abdul Azis
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lombok Tourism Volunteers akan Promosikan Pariwisata Lombok ke Kota Besar di Jawa Timur

Trending Now