Polda NTB Pastikan Rangkaian Perayaan Nyepi di NTB Berjalan Aman dan Nyaman

MandalikaPost.com
Kamis, Maret 07, 2019 | 13.18 WIB Last Updated 2019-03-07T05:23:52Z
Ucapan Selamat Nyepi Caka Warsa 1941, Kapolda NTB Irjen Pol Drs Achmat Juri dan istri Ny Risna Achmat Juri. (Istimewa)


MATARAM - Rangkaian ibadah dan perayaan Hari Raya Nyepi Caka Warsa 1941 yang dilaksanakan umat Hindu sejak Rabu (6/3) hingga Kamis (7/3) di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berjalan dengan aman dan nyaman di NTB.

"Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menjamin kenyamanan dan keamanan rangkaian ibadah umat Hindu di Propinsi NTB dalam Hari Raya Nyepi Caka Warsa 1941 tahun ini," kata Karoops Polda NTB Kombes Pol Dewa Putu Maningka Jaya, didampingi Kabid Humas Polda NTB, AKBP Purnama.

Kepala Biro Ops Polda NTB, Kombes Pol Dewa Putu Maningka Jaya. (Foto: Humas Polda NTB)

Dijelaskan, kegiatan ibadah dimulai dengan Mekiis/Melasti, Tawur Agung Kesanga, Pawai Ogoh-Ogoh, Perang Api, Pecaruan dan Brata Penyepian sampai dengan Ngembak Geni yang dilaksanakan di Kota Mataram dan Lombok Barat.

Ibadah persembahyangan juga berlangsung di Kabupaten lainnya yang mendapat pengamanan maksimal dari jajaran Polres dengan diback-up oleh Polda NTB.

"Total jumlah anggota yang diturunkan di Mataram dan Lobar sebanyak 1.147 orang, Pamswakarsa 100 orang dan Pecalang 1700 orang, sementara umat Hindu yang melaksanakan ibadah di Kab. Lobar sekitar 34.662 orang dan di Mataram sebanyak 155.000 orang sedangkan di Sumbawa Besar sekitar 6100 orang," jelasnya.

Pengamanan Pawai Ogoh-Ogoh di Kota Mataram, Rabu (6/3) juga berlangsung lancar. Pawai Ogoh-Ogoh diikuti oleh sekitar 6.700 masyarakat umat Hindu dengan menampilkan sekitar 155 Ogoh-Ogoh.

Pengamanan pawai sendiri dilakukan di beberapa titik  seperti Pagutan, Cakranegara, Ampenan/Sekarbela, Sandubaya, Gunungsari, Narmada dan Lingsar.

Dewa Putu Maningka Jaya menyampaikan, bahwa pengamanan dilakukan secara terbuka dengan mengedepankan tindakan preemtif dan prefentif yang bersinergi dengan potensi masyarakat dalam hal ini para Pecalang dan Pamswakarsa.

Diharapkan semua lapisan masyarakat dapat menjaga situasi untuk tetap aman dan tentram dimana perangkat sosial yang ada tersebut dapat berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban.

"Aktivitas kita akan lebih mudah dilakukan bila kondisi keamanan yang menjadi dasar kehidupan masyarakat dapat sama-sama kita jaga," katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda NTB AKBP Purnama mengatakan, Polda NTB dan jajaran selaku penanggungjawab pemelihara keamanan daerah NTB, akan terus berupaya memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta penegakan hukum.

"Kami juga terus berupaya bersinergi dengan masyarakat semua untuk tetap fokus dalam pelayanan publik," katanya. (Humas Polda NTB)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polda NTB Pastikan Rangkaian Perayaan Nyepi di NTB Berjalan Aman dan Nyaman

Trending Now