Sambut Hari Bhayangkara, Satlantas Polres KSB Gelar Safety Riding bersama Club Motor

MandalikaPost.com
Minggu, Juni 30, 2019 | 16.22 WIB Last Updated 2019-06-30T08:27:22Z
SAFETY RIDING. Kasatlantas Polres Sumbawa Barat IPTU Putu Gede Caka SIK bersama para peserta safety riding saat pelepasan konvoi di Kota Taliwang, Sumbawa Barat. (Istimewa)  

SUMBAWA BARAT - Beragam kegiatan dilaksanakan menyambut Hari Bhayangkara ke 73, 1 Juli 2019.

Memeriahkan HUT Bhayangkara tahun ini, Satlantas Polres Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menggelar kegiatan Safety Riding, Minggu (30/6) dipusatkan di lapangan Tiang Enam Kota Taliwang, Sumbawa Barat.

Kegiatan edukasi dan sosialisasi keselamatan berkendara itu juga melibatkan puluhan pemotor, anggota Club Motor The King TC Sumbawa Barat yang juga merayakan 1th Anniversary mereka.

Kasatlantas Sumbawa Barat IPTU Putu Gede Caka SIK menyerahkan helm standar secara simbolik kepada peserta Safety Riding. 

Kapolres Sumbawa Barat melalui Kasat Lantas IPTU Putu Gede Caka SIK mengatakan, kegiatan Safety Riding dilakukan untuk meningatkan kesadaran masyarakat tentang keselamatan berkendara.

Hal ini juga merupakan upaya Satlantas Polres KSB untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan juga angka pelanggaran lalu lintas khususnya di Sumbawa Barat.

"Ini bagian dari upaya sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya keselamatan berkendara. Kami harapkan peserta Safety Riding ini bisa menjadi pelopor keselamatan berkendara dan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, khususnya di Sumbawa Barat ini," katanya.

Caka menjelaskan, umumnya kecelakaan lalu lintas terjadi lantaran pengendara tidak mentaati aturan lalu lintas. Seperti menerobos lampu merah, atau berkendara melebihi batas maksimum kecepatan.

Begitu pun dengan lakalantas yang berakibat fatal hingga menelan korban jiwa, biasanya terjadi lantaran pengendara mengabaikan keselamatan berkendara.

Misalnya saja, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm.

"Nah dengan kegiatan ini kita edukasi dan sosialisasikan betapa penting keselamatan berkendara. Caranya ya dengan mentaati aturan lalulintas, misalnya pengendara sepeda motor harus menggunakan helm standar, agar jika terjadi lakalantas akibat fatalnya bisa diminimalisir," katanya.

Kasat Lantas Sumbawa Barat IPTU Putu Gede Caka bersama jajaran Club Motor The King TC Sumbawa Barat. (Istimewa)

Kasat Lantas Sumbawa Barat IPTU Putu Gede Caka mengakui, keberadaan Club Motor seperti The King TC ini sangat membantu kepolisian dalam memberikan pemahaman pentingnya mentaati peraturan berlalu lintas Kepada masyarakat.

"Mereka Dalam melakukan kegiatan konvoi seperti ini bisa memberikan contoh langsung kepada msyarakat bahwa club motor juga selalu mentaati peraturan berlalu lintas, dan menghilangkan pandangan buruk bahwa club motor selalu melakukan pelanggaran atau pun kekerasan," tukasnya.

Dalam kegiatan Safety Riding ini, para pemotor peserta Safety Riding melakukan konvoi di seputar Kota Taliwang, kemudian berkumpul di lapangan Tiang Enam Taliwang sebagai pusat acara.

Kegiatan juga diisi dengan pembagian helm standar dari Satlantas Polres KSB kepada perwakilan peserta, dan juga pemberian sertifikat.

Para peserta bersama jajaran Satlantas Polres KSB juga melakukan kegiatan Bakti Sosial bersih-bersih bersama di Masjid Al-Furqon, Kota Taliwang.

Secara terpisah, Dirlantas Polda NTB, Kombes Pol Amin Litarso mengapresiasi kegiatan Safety Riding yang digelar Satlantas Polres KSB.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi terkait Keselamatan Berkendara, menurut Dirlantas memang harus terus dilakukan dan ditingkatkan.

"Saya apresiasi dan berharap Keselamatan Berkendara ini terus digaungkan. Sosialisasi dan edukasi harus terus dilakukan termasuk dengan melakukan Safety Riding seperti di Sumbawa Barat," katanya. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sambut Hari Bhayangkara, Satlantas Polres KSB Gelar Safety Riding bersama Club Motor

Trending Now