Wagub NTB Paparkan Potensi Wisata dan Investasi Lombok-Sumbawa dalam Temu Bisnis di Perancis

MandalikaPost.com
Senin, Juni 24, 2019 | 00.21 WIB Last Updated 2019-06-23T16:21:29Z
TEMU BISNIS. Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah (paling kanan), saat memaparkan keindahan alam dan budaya Lombok-Sumbawa dalam Temu Bisnis di Paris, Perancis. (Foto : Humas Pemprov NTB) 

PARIS - Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah memaparkan sejumlah keindahan destinasi wisata di Lombok dan Sumbawa, dalam ajang Temu Bisnis bersama pelaku bisnis perjalanan wisata Perancis, 20 Juni 2019, di Kota Paris, Perancis.

Selain destinasi pariwisata, sejumlah peluang investasi di NTB juga dipaparkan dalam pertemuan tersebut. Hadir dalam temu bisnis Wakil Kepala Perwakilan RI/Chargée d'Affaires KBRI Paris, Agung Kurniadi dan sejumlah diplomat KBRI Paris.

Dalam Temu Bisnis itu, Wagub Rohmi mempresentasikan keindahan alam dan budaya NTB yang terdiri dari pulau Lombok dan Sumbawa.

BACA JUGA : Samota Ditetapkan Jadi Cagar Biosfer Dunia dalam Pertemuan MAB UNESCO di Paris !!

Pemaparan Wagub semakin membuat peserta temu bisnis terpukau, lantaran sejumlah foto destinasi juga ditayangkan dalam slide presentasi.

“NTB memiliki salah satu pantai dan gunung terindah di Indonesia Orang-orangnya sangat ramah dan sangat berbudaya. Banyak kegiatan seperti olahraga air dan hiking. Dan NTB adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari dunia yang sibuk dan memulihkan tenaga,” kata Wagub Rohmi.

Pelaku bisnis perjalanan wisata Perancis menerima informasi brosur dan buku-buku potensi pariwisata dan investasi NTB, sebelum pertemuan di Paris, Perancis. (Foto: Humas Pemprov NTB) 

Pesona Gunung Rinjani, Tambora, dan pulau Moyo juga disampaikan Wagub Rohmi dalam pemaparannya. Ia juga menyampaikan, selain dua pulau besar Lombok dan Sumbawa NTB juga memiliki sekitar 280 pulau kecil yang  biasa disebut Gili-Gili.

“Gugusan Gili Trawangan, Air dan Meno yang sangat indah. Rinjani, Tambora, dan pulau Moyo, bisa menjadi alasan kuat kenapa masyarakat Perancis harus datang berlibur ke Lombok-Sumbawa," tukas Wagub Rohmi, disambut kekaguman para peserta temu bisnis.

Selain keindahan alam, Wagub Rohmi juga memaparkan tentang keragaman seni dan budaya masyarakat NTB di Lombok dan Sumbawa.

"NTB juga merupakan pemegang peringkat nomor satu untuk tujuan wisata halal. Karena 96 persen warga kami beragama Islam, kami berupaya menjadikan tempat kami ramah bagi Muslim Traveler. Kami peringkat nomor satu untuk tujuan wisata halal oleh Global Muslim Travel Index. Provinsi kami juga terkenal dengan masjid-masjidnya dan dinamakan sebagai Pulau Masjid Seribu Masjid," katanya.

Soal konektivitas, Wagub Rohmi menyampaikan akan ada lebih banyak penerbangan ke Lombok, untuk memudahkan wisatawan Perancis mengunjungi NTB. NTB juga memiliki perjalanan yang akan membawa wisatawan dari pelabuhan Badas ke Pulau Moyo. Dan, ada tiga kapal pesiar Eropa yang akan mengunjungi NTB yaitu: Ponant, Starclippers, dan Variety.

“Acara ini adalah peluang besar bagi kami untuk bertemu dengan calon investor kami dan kami berharap dapat bertemu Anda lagi. Kami membawa dua video sehingga Anda akan tahu keindahan provinsi kami dan kami akan tunjukkan,” kata Wagub Rohmi.

Usai temu bisnis tersebut, Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah melayani sesi wawancara dengan The Class Tourisme, sebuah media berplatform pariwisata dan traveling ternama yang berpusat di Kota Paris.

Wagub Rohmi diwawancarai langsung oelah Redaktur Pelaksana Class Tourisme Jean-Louis Corgier. Selain menyampaikan tentang potensi destinasi wisata di NTB yang mengundang wisatawan Perancis untuk datang, Wagub Rohmi juga menyampaikan sejumlah program pemerintah NTB yang cukup strategis mendukung pariwisata. Salah satunya ialah program NTB Zero Waste, yang menekankan aspek keindahan dan kebersihan lingkungan.

Wagub menegaskan, pariwisata NTB merupakan salah satu sektor andalan di Provinsi NTB.

“Lombok-Sumbawa menjadi satu dari 10 destinasi prioritas di Indonesia. Karena memang alamnya yang luar biasa. Sehingga pariwisata menjadi salah satu andalan ekonomi dari Lombok, NTB selain agriculture, pertanian,” katanya.

BACA JUGA : Ini Tugas Besar NTB Pasca Penetapan Samota Sebagai Cagar Biosfer Dunia !!

Ditambahkan, dengan ditetapkannya Rinjani dan Samota sebagai cagar biosfer dunia, maka akan semakin mendorong Pemprov NTB untuk betul-betul memperhatikan kualitas lingkungan di NTB.

“Kita di Pemprov NTB betul-betul memperhatikan sisi lingkungan ini. Bersama pegiat-pegiat lingkungan kita bahu membahu bagaimana Lombok-Sumbawa itu menjadi tempat yang betul-betul asri, terjaga lingkungannya. Agar dapat memberikan kenyamanan pula untuk wisatawan yang datang,” katanya.

Melalui The Class Tourisme, Wagub Rohmi mengajak masyarakat Perancis untuk berwisata ke Lombok-Sumbawa dan menghabiskan liburan mereka di NTB, kepulauan yang esksotis alam dan budayanya. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wagub NTB Paparkan Potensi Wisata dan Investasi Lombok-Sumbawa dalam Temu Bisnis di Perancis

Trending Now