Desa Mekarsari Tingkatkan Kapasitas Perempuan dengan Pelatihan Menjahit

MandalikaPost.com
Kamis, Agustus 01, 2019 | 14.26 WIB Last Updated 2019-08-01T06:26:49Z
PELATIHAN MENJAHIT. Ibu-Ibu peserta pelatihan menjahit fokus dan tekun mengikuti pelatihan di aula Kantor Desa Mekarsari, Kecamatan Narmada, Lombok Barat.


LOMBOK BARAT - Pemerintah Desa Mekarsari, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, terus berinovasi dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) di desa setempat.

Untuk meningkatkan kapasitas SDM perempuan, Pemerintah Desa Mekarsari menggelar Pelatihan Menjahit, Kamis (1/8) di aula Kantor Desa Mekarsari.

Kades Mekarsari, Sapinah saat membuka Pelatihan Menjahit bagi ibu-ibu di aula Kantor Desa Mekarsari.

Kepala Desa Mekarsari, Sapinah menjelaskan, pelatihan menjahit untuk ibu-ibu dan remaja perempuan ini dilaksanakan agar para perempuan di Desa Mekarsari memiliki skill menjahit busana dan aksesories pakaian lainnya.

Tujuannya tak lain agar mereka memiliki keterampilan yang ke depan bisa menjadi peluang untuk peningkatan ekonomi keluarga.

"Kami harapkan para ibu peserta pelatihan benar-benar fokus dengan pelatihan menjahit, dan tekun dalam pelatihan ini. Karena kita harapkan ketrampilan yang didapat nantinya bisa menjadi sumber penghasilan dan membantu ekonimi keluarga," kata Kades Sapinah.

Menurut Sapinah, setelah pelatihan nantinya, para ibu-ibu peserta pelatihan akan membentuk kelompok-kelompok kerja di bidang menjahit atau konveksi yang akan bernaung di bawah lembaga BUMDes Mekarsari.

Jika sudah terampil menjahit, para ibu-ibu ini juga bisa membuka usaha tailor sendiri di rumah masing-masing.

"Nantinya ke depan kita koneksikan dengan lembaga BUMDes, sehingga akses permodalan maupun pemasaran produk busana dan aksesoris pakaian bisa dilakukan berasama BUMDes," kata Sapinah.

Sapinah menjelaskan, kegiatan pelatihan yang didanai dari APBDes Mekarsari 2019 ini, akan diupayakan menjadi kegiatan rutin berkesinambungan.

Sebab, prospek dan peluang bisnis di sektor konveksi sangat menjanjikan. Apalagi kebutuhan sandang atau pakaian merupakan kebutuhan dasar masyarakat di mana pun berada.

"Ke depan BUMDes akan membantu pemasaran dan juga akan membangun kemitraan dengan kelompok menjahit di lain tempat termasuk dengan pelatih saat ini," kata Sapinah.

Pelatihan menjahit di Desa Mekarsari, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. 

Sejumlah ibu-ibu dan remaja perempuan nampak antusias dalam pelatihan menjahit yang digelar Pemdes Mekarsari.

Tutor pelatihan yang hadir adalah Naharuddin, pengusaha konveksi dan tailor dari Desa Krama Jaya, Narmada.

Naharuddin memotivasi para peserta agar tidak mudah menyerah ketika menekuni dunia konveksi atau jahit menjahit.

"Yang utama adalah fokus dan tekun, serta jangan cepat menyerah. Pasti akan berhasil," kata Naharuddin.

Menurutnya, pihaknya siap mendroping pesanan jahitan jika kelak kelompok jahit Desa Mekarsari sudah memiliki kapasitas dan kemampuan yang memadai.

Pelatihan diisi dengan pengenalan dasar jenis kain, cara mengukur, memotong, dan juga menjahit pakaian. MP/Abdul Rahim
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Desa Mekarsari Tingkatkan Kapasitas Perempuan dengan Pelatihan Menjahit

Trending Now