Forum Sekdes Lombok Barat Ikuti Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Administrasi di Malang Jawa Timur

MandalikaPost.com
Senin, Agustus 05, 2019 | 16.33 WIB Last Updated 2019-08-05T08:34:24Z
PENINGKATAN KAPASITAS.  Sekdes Mekar Sari, Abdul Satar bersama sejumlah Sekdes di Lombok Barat, saat mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas di Malang, Jawa Timur. (Istimewa)


MALANG - Sekitar 85 Sekretaris Desa (Sekdes) anggota Forum Sekdes Kabupaten Lombok Barat, mengikuti Workshop atau Pelatihan Sistem Administrasi dan Pengelolaan Aset Desa yang digelar di Balai Besar Pemerintahan Desa, di Kota Malang, Jawa Timur.

Kegiatan berlangsung sejak 1 - 3 Agustus 2019, menghadirkan pemateri dan narasumber dari Balai Besar Pembinaan Masyarakat dan Desa (PMD) Malang, Provinsi Jawa Timur, perwakilan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan praktisi pemerhati Desa.

Sekdes Mekar Sari, Kecamatan Narmada, Abdul Satar mengatakan, kegiatan pelatihan ini bertujuan meningkatkan kapasitas Sekdes sewilayah Lombok Barat.

 “Kegiatan pelatihan ini sangat kami butuhkan, karena saat ini Desa sangat membutuhkan peningkatan kapasitas di bidang pembenahan Administrasi Desa," kata Abdul Satar, di sela kegiatan di Malang.

Jajaran Forum Sekdes Lombok Barat dan perwakilan Dinas PMD Lombok Barat, bersama para pemateri dari Kemendagri dan Balai Besar PMD.

Abdul Satar memaparkan, sebanyak 85 orang lebih para Sekdes dari masing-masing Desa di Lombok Barat  mengikuti pelatihan ini.

Rombongan dibagi dalam dua kelompok, masing-masing di Ijen Suites Hotel dan kelompok lainnya di Hotel Havana Malang.

Menurutnya, selama dua  hari mengikuti kegiatan pelatihan dengan berbagai materi, ada dua materi yang sangat penting untuk diaplikasikan serta paling banyak dibahas oleh para peserta.

Kedua materi tersebut adalah tentang Sistem Administrasi Desa (SiAdes), dan Sistem Penataan Aset Desa (SiPades).

Dua aplikasi ini, papar Abdul Satar, diajarkan sitem operasionalnya oleh narasumber dari Balai Besar Malang, yang kemudian dipraktekkan langsung oleh para Sekdes melalui laptopnya masing-masing.

Pelatihan peningkatan kapasitas yang diikuti para anggota Forum Sekdes Lombok Barat di Balai Besar PMD Malang.

Sementara itu, perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lombok Barat, Hj Baiq Eni mengatakan, pelatihan dan peningkatan kapasitas Sekdes tersebut kiranya dapat menambah wawasan dan kapasitas para Sekdes di Lombok Barat.

Terlebih masalah administrasi merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam setiap program pembangunan di tingkat Desa.

Hj Baiq Eni berharap, semua ilmu dan pengetahuan yang didapatkan dalam kegiatan tersebut bisa langsung diimplementasikan ketika para Sekdes kembali ke Desa masing-masing di Lombok Barat.

“Saya berharap agar apa yang diajarkan disini, supaya diaplikasikan langsung di Desa masing-masing. Agar bisa membawa manfaat bagi masyarakat dan kesejahteraan masyarakat di Desa,” kata Hj Baiq Eni.

Usai mengikuti pelatihan selama dua hari, para anggota Forum Sekdes Lombok Barat bersama perwakilan DPMD Lombok Barat, Senin (5/8) melakukan kunjungan studi tiru ke Desa Tulungrejo, Malang. MP/Abdul Rahim

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Forum Sekdes Lombok Barat Ikuti Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Administrasi di Malang Jawa Timur

Trending Now