Dine in The Dark dan Nonton Bareng, Cara Threeo Tanamkan Semangat Setara pada Para Difabel di Mataram

MandalikaPost.com
Senin, Desember 09, 2019 | 13.12 WIB Last Updated 2019-12-09T05:12:24Z
DINE IN THE DARK. Para penyandang disabilitas dan tamu undangan berfoto bersama dalam kegiatan Dine in The Dark, di Hotel Aston Inn Lombok, Kota Mataram. (Istimewa)

MATARAM - Komunitas Peduli Disabilitas, Threeo menggelar sejumlah kegiatan dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional tahun ini.

Dine in The Dark dan Nonton Bareng penyandang Disabilitas merupakan kegiatan yang diinisiasi Threeo untuk menumbuhkan semangat kesetaraan pada para difabel.

"Kami sadar ada banyak permasalahan-permasalahan yang dihadapi para difabel, saudara-saudara kita yang memiliki kelebihan khusus. Lewat kegiatan tersebut kami ingin memperkenalkan kepada masyarakat terutama kepada generasi muda untuk menciptakan lingkungan yang inklusi, ramah dengan disabilitas," kata Juru Bicara Threeo, Rosa Trisnawati.

Dine in The Dark dengan konsep makan malam bersama diikuti lebih dari 200 peserta, Sabtu malam (7/12) di Hotel Aston Inn Lombok, Kota Mataram.

EMPATI. Peserta Dine In The Dark bersantap malam dengan simulasi gangguan penglihatan.

Bersantap malam dengan mata ditutup mencoba menanamkan empati kepada anggota kelompok difabel, tuna netra, yang juga hadir dalam kegiatan.

Rosa menjelaskan, #EyeStandbyU merupakan penggagas dari acara Dine in the Dark di Lombok. Kegiatan serupa telah diselenggarakan beberapa waktu yang lalu di Jakarta.

"Para undangan diajak untuk mendapatkan disability experience, khususnya disabilitas pada mata (tunanetra). Saat makan, para tamu diberikan kaca mata simulasi gangguan penglihatan. Kacamata ini memberikan beberapa contoh kondisi mata yang mengalami gangguan," jelas Rosa.

Kegiatan juga diisi dengan Disability Fashion Show bertema "You Are Beatuful Too", penampilan tari dan nyanyi dari para siswa dan siswi SLB Negeri 2 Mataram dan SLB A YPTN Mataram, para penyandang tuna netra dan tuna rungu.

"Sebagai  bagian dari keberagaman penduduk Indonesia, kami yakin  teman teman dengan disabilitas pun dapat tampil cantik, bahwa kecantikan bukan hanya semata sebatas fisik yang sempurna, tapi juga meliputi ability dan peluang yang di berikan lingkungan, juga stigma dari  masyarakat," papar Rosa.
 
Ia menyakini, Disability Fashion Show bertema "You Are Beatuful Too" merupakan ajang untuk menujukan kecantikan yang sesungguhnya, bahwa Perbedaan itu Indah.

Rosa berharap dengan adanya acara ini, bukan hanya dpaat meningkatkan rasa percaya diri dari teman teman disabilitas, tapi juga dapat membuat masyarakat Lombok pada khususnya untuk lebih ramah dan memberikan peluang bagi mereka.

Rangkaian kegiatan juga diramaikan sejumlah pengisi acara, antara lain Jaka Ahmad. Jaka merupakan tTunanetra yang Mandiri, berprestasi, S2 di Australia, Komedian, Sekarang bekerja di salah satu NGO bernama CBM.

Kemudian Sofyan Sandi seorang Fashion Designer, Guru Gambar, Prestasi mengikuti Jogja Fashion Week, Adana Fashion Festival. Serta Anjasmara Susanto seorang Make up Artis, Perawat, Prestasi Narasumber Natasha, Trainer Beauty Class.

BIOSKOP BISIK. Nonton Bareng Tuna Netra dengan konsep Bioskop Bisik di salah satu Bioskop di Kota Mataram.

Sementara nonton bareng digelar dengan konsep Bioskop Bisik diselenggarakan Minggu siang (8/12) di salah satu Bioskop di Kota Mataram.

"Think.web sebagai penggagas Bioskop Bisik merupakan inspirasi bagi kami untuk melaksanakan acara nonton bareng Tunanetra ini di kota Mataram, Lombok, NTB," kata Rosa Trisnawati.

Menurut Rosa, kegiatan ini bertujuan memperkenalkan bagaimana seorang tunanetra bisa menikmati film melalui deskripsi pembisik. Setiap penyandang tunanetra akan dipasangkan dengan satu relawan untuk menyaksikan film bersama.

Para relawan bertugas mendeskripsikan adegan tanpa dialog sambil berbisik di telinga penyandang disabilitas.

Panitia Threeo dan Komunitas Stand Up Comedy Lombok sebagai volunteer dalam acara ini.

Setelah film selesai ditayangkan Threeo sebagai Panitia Acara mengajak seluruh Tunanetra asal SLB A YPTN, Komunitas Stand Up Comedy Lombok untuk foto bersama.

Kegiatan ini disupport sejumlah pihak antara lain Jumbo Sejahtera Homestay & Resto, PT. Mahkota Cipta Indonesia – Developer & Property, Depo Jaya Bangunan, Dewi Catering Event & Wedding Service, Adena Griya Manten ( Wedding Organizer), Toy City – The City of Joy, Crystal Photo Airlangga, Bale Laut Lombok, Kubus Digital, dan 10. Sometimes (Photo & Video). (*) 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dine in The Dark dan Nonton Bareng, Cara Threeo Tanamkan Semangat Setara pada Para Difabel di Mataram

Trending Now