Takbir Keliling di Bandung Dilarang, Polisi Patroli Skala Besar

MandalikaPost.com
Minggu, Mei 01, 2022 | 19.31 WIB Last Updated 2022-05-01T11:31:20Z
Kemeriahan warga menyambut malam takbiran di Kota Bandung, Jawa Barat.

MANDALIKAPOST.com - Polda Jawa Barat melarang kegiatan takbiran keliling di jalan raya jelang perayaan Idul Fitri 1433 Hijriah. Larangan tersebut diputuskan setelah Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan organisasi Islam terkait kegiatan takbir keliling.


"Kita akan melaksanakan pesta kemenangan sebagai umat muslim  menyambut Idul Fitri dan melaksanakan malam takbiran. Sesudah berkonsolidasi dengan alim ulama, ketua NU, Ketua DMI, ketua Muhamadiyah dan tokoh masyarakat  lain, diharapkan masyarakat tidak melaksanakan takbir keliling," ucap Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Suntana, Minggu (1/5/2022).


Suntana menjelaskan alasan larangan takbiran di jalan raya. Menurutnya, kegiatan tersebut berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di tengah suasana malam Idul Fitri 1433 Hijriah.


"Kami imbau masyarakat untuk melaksanakan malam takbiran secara khidmat dan khusyu dengan mendatangi masjid-masjid, musala dan surau-surau," ujarnya.


Jenderal bintang dua itu menilai kegiatan takbiran dengan cara berkeliling hingga konvoi kendaraan dapat menyebabkan gangguan ketertiban bagi masyarakat.


Sehingga, Irjen Pol Suntana minta warga tidak melakukan aktivitas itu. Dia pun menyarankan warga di Jabar agar takbiran di daerahnya masing-masing secara tertib.


“Kami harap agar masyarakat melaksanakan takbiran (di malam jelang Lebaran) secara khidmat dan khusyuk dengan memenuhi masjid, musala dan surau,” kata Suntana.


Selain mengganggu ketertiban, menurut Suntana, takbiran keliling juga bisa memicu persoalan baru apalagi suasana Lebaran 2022 ini masih di masa pandemi Covid-19.


“Guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Jawa Barat, maka kegiatan yang bersifat kerumunan (salah satunya takbiran keliling) diimbau tak dilakukan,” ungkapnya.


Pucuk pimpinan Polda Jabar itu mengaku telah berkonsultasi dengan para ulama dan sejumlah organisasi islam untuk mengajak umat menggelar takbiran dengan bijak.


Kendati begitu, lanjut dia, Polda Jabar akan melakukan patroli ke sejumlah titik pada malam takbiran nanti guna memastikan bagaimana ketertiban masyarakat terjaga.


“Kami dengan Forkopimda Jabar akan melaksanakan patroli skala besar untuk memastikan jalannya takbiran masyarakat nanti berjalan dengan lancar,” kata Suntana.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Takbir Keliling di Bandung Dilarang, Polisi Patroli Skala Besar

Trending Now