13 Ekor Sapi Qurban Disembelih Panitia Masjid Jami' Darussalam Dasan Baru Bagik Payung Selatan

MandalikaPost.com
Selasa, Juni 18, 2024 | 20.04 WIB Last Updated 2024-06-18T12:04:22Z

13 Ekor Sapi Qurban Disembelih Panitia Masjid Jami' Darussalam Dasan Baru Bagik Payung Selatan.


MANDALIKAPOST.com - Masjid Jami' Darussalam, Dusun Dasan Baru Raya, Desa Bagik Payung Selatan, Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur melaksanakan penyembelihan 13 ekor sapi qurban pada hari kedua lebaran Idul Adha 1445 H/2024 di Halaman Masjid Jami Darussalam, Selasa 18 Juni 2024.


Penyembelihan dan pemotongan hewan qurban tersebut dihadiri dan disaksikan pengurus masjid, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, perangkat Desa Bagik Payung Selatan dan warga sekitar.


Ketua panitia qurban Ustadz M. Ramli, S.Pd.I mengatakan 13 ekor sapi ini berasal dari iuran masayarakat sebanyak 91 orang dari 5 Dusun di Desa Bagik Payung Selatan.


"Sapi-sapi ini berasal dari swadaya jamaah masjid dari lima dusun yang nantinya akan didistribusikan kembali kepada masyarakat. Dari lima dusun ini terdapat 1300 kepala keluarga dan semuanya rata akan dibagikan," ujarnya disela pemotongan sapi qurban. 


Penyembelihan sapi qurban ini dilaksanakan mulai pukul 6 pagi dan selesai dipotong sebelum sholat zuhur untuk kemudian selanjutnya dibagikan ke masyarakat. 


"Nantinya setelah pemotongan kita kemas kedalam plastik dan kita berupaya semaksimal mungkin untuk cepat terselesaikan sehingga masyarakat langsung dapat menikmati daging qurban ini," katanya. 


Sekretaris pengurus Masjid Jami' Darussalam, H. Marzuki Adami mengatakan, setiap tahunnya Masjid Jami Darussalam selalu menyalurkan hewan qurban dan telah menjadi program tahunan masjid. 


"Alhamdulillah setiap tahun ada yang dari Perorangan ada yang iuran masyarakat, pada initinya semua dapat merasakan dan bersyukur," tandasnya. 


Ia juga mengatakan yang terpenting dalam pelaksanaan qurban ini adalah semangat gotong royong dan soliditas kekeluargaan masyarakat terbangun erat. 


Disamping itu, ia mengatakan, qurban merupakan perintah Allah SWT yang harus dilaksanakan. Hal ini menjadi refleksi, bentuk pengabdian dan penghambaan kepada Allah SWT. 


"Penyembelihan hewan qurban merupakan perintah dari Allah SWT dan juga sebagai bentuk tanda syukur kita, supaya tetap kita memiliki kepekaan untuk selalu berbagi tidak hanya dalam momentum hari raya qurban," ujarnya. 


Ia berharap tahun-tahun berikutnya Masjid Jami' Darussalam dapat meningkatkan jumlah hewan qurban dan menjadi sentral membangun keharmonisan bermasyarakat.


"Semoga tahun-tahun yang akan datang Masjid kami dapat meningkatkan jumlah hewan qurban sehingga dapat lebih banyak disalurkan. Kami juga berharap Masjid Jami' Darusalam ini sebagai pusat membangun kehidupan bermasyarakat yang harmonis dan solid," harapnya. 


Sementara itu, Kepala Desa Bagik Payung Selatan Abdul Manan mengatakan hewan qurban yang disembelih sudah melalui rangkaian pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lombok Timur.


"Sapi-sapi ini sudah di periksa kesehatannya oleh dinas, hal ini supaya masyarakat menerima daging qurban yang benar-benar steril dan sehat untuk dikonsumsi," tegasnya.


Mekanisme pendistribusian hewan qurban ini nantinya akan dibagikan merata melalui Rukun Tetangga dan Rukun Warga sesuai dengan catatan administrasi yang ada.


"Nanti penyalurannya melalu RT dan RW, kami prioritaskan dibagikan kepada Panti jompo, anak yatim dan tidak mampu, namun khusus untuk jamaah masjid Jami Darussalam ini sebanyak 5 dusun dikarenakan jumlah hewan qurbannya banyak sehingga semua masyarakat yang 5 dusun ini sebanyak 1300 Kepala Keluarga akan rata dibagikan,"katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 13 Ekor Sapi Qurban Disembelih Panitia Masjid Jami' Darussalam Dasan Baru Bagik Payung Selatan

Trending Now