Inilah Agro Wisata Tamansuruh Banyuwangi, Mirip Ubud Bali

MandalikaPost.com
Rabu, Juni 26, 2024 | 16.51 WIB Last Updated 2024-06-26T08:55:36Z

Inilah Agro Wisata Tamansuruh Banyuwangi, Mirip Ubud Bali.

MANDALIKAPOST.com - Destinasi berbasis alam terus bermunculan di Banyuwangi. Terbaru. Agro Wisata Tamansuruh (AWT) dibuka Pemkab Banyuwangi. Kawasan wisata ini menawarkan pemandangan eksotik pertanian terasering. Mirip Ubud di Bali.


AWT sejatinya sudah lama dibuka. Namun, baru-baru ini Pemkab Banyuwangi memermaknya lebih indah. Dilengkapi bangunan khas Osing Banyuwangi. Sehingga, wisatawan bisa menikmati keindahan sawah sembari berteduh di rumah adat Osing.


Luas kawasan AWT mencapai 10,5 hektar. Lokasinya di lereng Gunung Ijen, tepatnya di Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah. Ketinggiannya sekitar 450 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sehingga, wisatawan bisa melihat indahnya pegunungan Ijen dan Selat Bali.


Selain alam, disuguhkan juga keaslian budaya asli Banyuwangi. Yaitu, suku Osing.


Rumah adat Osing Banyuwangi.


Ketika masuk, wisatawan akan dibawa ke suasana tempo dulu. Di sekitar rumah Osing ditanami bunga aneka warna. Menambah suasana makin indah.


Untuk menggaet wisatawan akan digelar festival selama sepekan di AWT. Mulai 26 Juni – 7 Juli mendatang. Beragam even digelar. Mulai pertunjukan seni budaya, peragaan busana batik serta fashion show daur ulang (recycle), hingga festival arsitektur.


“Event ini untuk mengenalkan destinasi wisata Agrowisata Tamansuruh, yang sudah direvitalisasi oleh Kementerian PUPR. Di sini pengunjung bisa merasakan keindahan panorama Gunung Ijen dengan hamparan bunga yang ada di sekitarnya,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Senin (24/6/2024).


Festival ini juga mengangkat kekayaan potensi Desa Tamansuruh yang kaya akan tradisi seni budaya dan potensi pertaniannya. Seperti tradisi membaca Lontar Yusuf, tradisi Pencak Sumping, dan potensi agronya. Selama sepekan, wisatawan bisa berkunjung tanpa dipungut biaya mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inilah Agro Wisata Tamansuruh Banyuwangi, Mirip Ubud Bali

Trending Now