Lalu Gita Ariadi, Benarkan Dirinya Diganti Oleh Pj Sumatra Utara

Ariyati Astini
Sabtu, Juni 22, 2024 | 17.44 WIB Last Updated 2024-06-22T09:44:24Z

 



Lalu Gita Ariadi




MANDALIKAPOST.com- Pj Gubernur NTB L. Gita Ariadi memebanarkan pemberitaan tentang pergantian dirinya.


Gita mengungkapkan , Dirinya akan digantikan oleh Pj Gubernur Sumatera Utara Mayjen TNI (Purn) Hassanudin.


Menurut Gita, Itu Sesuai undangan yang diterima Pj Gubernur NTB yang baru akan dilantik di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Senin (24/6/2024).


Lalu Gita Ariadi mengungkapkan alasan dirinya diganti sebagai Pj Gubernur NTB adalah karena kebutuhan saja . Kemarin awalnya disampaikan bahwa mencermati dinamika politik dan kepentingan nasional maka diadakan acara penggantian ini," beber Gita di Pendopo Gubernur NTB, Sabtu (22/6/2024).


Gita menegaskan dirinya diganti sebagai Pj Gubernur NTB bukan karena berkasus. Jika berkasus maka hanya dirinya yang akan diganti sebagai Pj Gubernur. Tetapi dalam pelantikan pekan depan, juga dilantik Pj Gubernur Sumatera Utara dan Pj Gubernur Sumatera Selatan."Dikasih tahu, Pj Gubernur Sumut yang akan mengganti saya di sini. Jadi pergantian ini sesuai kebutuhan. Mungkin karena saya ditahu maju (kontestasi Pilgub 2024), maka saya dikembalikan ke (jabatan) Sekda NTB sambil mengikuti proses selanjutnya," terang Gita.


Gita menambahkan dirinya akan membantu Pj Gubernur NTB yang baru sembari menunggu proses transisi. Karena dirinya akan maju dalam kontestasi Pilgub NTB 2024.


"Jadi, nanti penggantinya Mayjen TNI Purnawirawan Hassanudin, tugas kami membantu sampai dengan proses transisi saya menuju kontestasi nantinya," tambah Gita.                                 


Gita mengaku tidak kaget dengan pergantian dirinya sebagai Pj Gubernur NTB. Karena memang sudah saatnya dirinya mengakhiri jabatan sebagai Pj Gubernur NTB. Ia genap menjabat sebagai Pj Gubernur NTB sekitar 9 bulan sejak dilantik Mendagri Tito Karnavian pada 19 September 2023."Jadi tidak ada kekagetan apapun, justru rasa bersyukur. Mungkin ini jawaban dari doa-doa saya. Mudah-mudahan diberi petunjuk ada jalan yang solah (baik), sehingga saya tidak mengambil keputusan-keputusan yang salah," ungkap Gita.


Saat ini, Gita akan maju bersama Sukiman Azmy sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode 2024-2029. Dengan diganti sebagai Pj Gubernur NTB, Gita mengatakan itu adalah jawaban dari doa yang dipanjatkan untuk menjalani ikhtiar maju dalam kontestasi Pilgub 2024."Sehingga kami sudah siap dan tidak kaget dengan apa yang disapaikan dalam undangan pelantikan Pj Gubernur NTB tersebut.


Sebelum jadi undangan, kami sudah diinformasikan. Sebelumnya sudah ada vicon, kemarin siang dengan bapak menteri bagaimana proses Pj dan lain sebagainya," tutur pria asal Lombok Tengah ini.


Gita mengungkapkan sebenarnya pada 26 Juni 2024 merupka jadwal dirinya dievaluasi sebagai Pj Gubernur NTB oleh Kemendagri. Setelah evaluasi itu, dirinya sudah menyiapkan surat pengunduran diri sebagai Pj Gubernur NTB karena akan maju Pilgub 2024. "Dalam konteks itu sebenarnya saya sudah siap untuk proses mengajukan permohonan pengunduran diri. Mengakhiri tugas, sehubungan dengan rencana untuk kontestasi Pilgub 2024. Jadi secara administrasi itulah yang akan dilakukan. Secara administrasi saya menyiapkan surat pengunduran diri tersebut," tandasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lalu Gita Ariadi, Benarkan Dirinya Diganti Oleh Pj Sumatra Utara

Trending Now