Mengenal Abah Uhel Suhaili FT, Pernah Getol Memperjuangkan Mandalika

MandalikaPost.com
Rabu, Juni 26, 2024 | 19.46 WIB Last Updated 2024-06-26T12:34:12Z
Abah Uhel, HM. Suhaili Fadil Thohir, SH.


MANDALIKAPOST.com - Tanpa Abah Uhel, Euforia pelaksanaan event MotoGP Indonesia 2021 silam, mungkin saja tak pernah terjadi. Dan Valentino Rossi, bisa juga hanya bermimpi pernah menggeber Yamaha sekaligus mengawali masa pensiun The Doctor di atas aspal panas sirkuit Mandalika.


Abah Uhel, demikian H. Moh. Suhaili Fadil Tohir, SH., akrab disapa, ialah Bupati Lombok Tengah dua periode 2010-2015 dan 2016-2021. 


Menjabat selama satu dekade di waktu yang cukup menentukan perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, peran Abah Uhel sebagai Kepala Daerah sangat strategis.


Akhir 2019, saat pesimisme tentang perhelatan MotoGP Indonesia pertama di Sirkuit Mandalika 2021, Abah Uhel getol menyuarakan optimistisme.


Tak tangung-tanggung, Abah Uhel harus masuk dalam polemik dengan Menpora saat itu, Zainuddin Amali yang menyatakan MotoGP Indonesia 2021 bisa saja dipindahkan ke Jawa Timur karena Mandalika dinilai belum siap.


"MotoGP Mandalika, itu harga mati," tegas Abah Uhel.


Kalimat optimistis itu juga dilontarkan kembali di tahun 2020, ketika pesimisme justru datang dari Anggota DPD RI Dapil NTB, Evy Apita Maya.



Selama dua periode menjadi pemimpin Lombok Tengah, salah satu pencapaian terbesar Abah Uhel adalah pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. 


BACA JUGA : Mengenal Bang Zul, Selalu Ada Cahaya di Ujung Terowongan



Kawasan ini telah menjadi magnet pariwisata baru dengan fasilitas kelas dunia, termasuk sirkuit MotoGP Mandalika, resort mewah, dan infrastruktur pendukung lainnya. 


KEK Mandalika tidak hanya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan peluang ekonomi baru bagi masyarakat setempat.


Lebih Dekat dengan Abah Uhel


Dr. H. Zulkieflimansyah bersama HM. Suhaili FT saat deklarasi pasangan Bang - Abah, untuk maju di Pilkada NTB 2024.


H. Moh. Suhaili Fadil Tohir, SH., atau lebih akrab disapa Abah Uhel, lahir di Lombok Tengah pada 31 Desember 1966.


Ia adalah mantan Bupati Kabupaten Lombok Tengah dua periode 2010-2015 dan 2016-2021. 


Abah Uhel terpilih menjadi Bupati Lombok Tengah periode pertama tahun 2010 setelah mengalahkan incumben saat itu H. Lalu Wiratmaja. Kemudian ia terpilih kembali di periode kedua yaitu 2016-2021.


Sebelum menjadi Bupati Lombok Tengah, Abah Uhel adalah Ketua DPRD NTB sejak tahun 2004 hingga 2010. 


Ia juga menjabat Ketua DPD Partai Golkar NTB 2016-2021.


Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode 2018-2023, Pilkada NTB 2018, Abah Uhel maju sebagai Calon Gubernur berpasangan dengan Wakil Gubernur NTB saat itu H. Muhammad Amin (Alm), namun harus puas berada di posisi runer-up. Pasangan Suhaili - Amin, kalah tipis melawan pasangan Dr. Zulkiflimansyah - Dr Sitti Rohmi Djalilah (Zul - Rohmi).


Kini di Pilkada NTB 2024, Abah Uhel maju sebagai calon Wakil Gubernur mendampingi Dr. H. Zulkieflimansyah


Pasangan Bang - Abah sudah dideklarasikan dan digadang menjadi pasangan cukup kuat dalam kontestasi politik lima tahunan di NTB.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengenal Abah Uhel Suhaili FT, Pernah Getol Memperjuangkan Mandalika

Trending Now