Tren Inflasi Indonesia Turun dalam 10 Tahun Terakhir

MandalikaPost.com
Jumat, Juni 14, 2024 | 16.53 WIB Last Updated 2024-06-14T08:53:27Z



MANDALIKAPOT.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan tren inflasidi Indonesia dalam 10 tahun terakhir menurun dan terkendali rendah. Bahkan termasuk salah satu yang terendah di dunia saat ini.


“Kami meyakini inflasi yang rendah sebagai faktor yang sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi berkelanjutan serta kesejahteraan rakyat,” ucap Perry Warjiyo, dikutip dari Antara, Jumat (14/6/2024).


Pihaknya memperkirakan bahwa tingkat inflasi domestik pada sisa tahun 2024 ini akan tetap terkendali rendah dalam target kisaran, yakni 2,5 plus minus 1 persen.


Meskipun begitu, dia meminta pemerintah untuk mewaspadai dampak situasi dunia yang masih bergejolak akibat konflik geopolitik global yang masih berlanjut dengan memitigasi risiko peningkatan harga pangan dan energi untuk mengendalikan inflasi.


“Kondisi global masih belum ramah dan berbagai tantangan ke depan perlu kita hadapi dengan upaya dan sinergi yang berkelanjutan. Kesinambungan adalah sangat penting untuk pengendalian inflasi ke depan,” kata Perry.


Pihaknya pun terus berupaya mempererat sinergi pemerintah pusat dan daerah dalam pengendalian inflasi melalui perluasan program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di seluruh 46 Kantor Wilayah Bank Indonesia.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tren Inflasi Indonesia Turun dalam 10 Tahun Terakhir

Trending Now