Viral! Reno Anak Penjual Nasi Goreng Lulus Cumlaude

MandalikaPost.com
Senin, Juni 24, 2024 | 19.25 WIB Last Updated 2024-06-24T11:25:21Z



MANDALIKAPOST.com - Reno Khoirul Fadli sukses lulus dengan predikat Cumlaude. Hal tersebut kembali menjadi bukti bahwa hidup dalam keluarga dengan keterbatasan ekonomi tidak dapat menghalangi seseorang untuk mengenyam pendidikan tinggi.


Video pidato Reno Khoirul Fadli pada saat mengikuti prosesi wisudah menjadi viral di dunia maya. Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @unair_official, Reno Khoirul Fadli mendeklarasikan dirinya sebagai sarjana pertama di keluarganya.


“Saya Reno Khoirul Fadli S.K.M, dengan ini saya mendeklarasikan saya adalah sarjana pertama di keluarga atas nama Bapak Riyanto Effendi dan Ibu Itidaul Hasanah, saya anak anda, saya mencintai anda dan saya menghormati anda” ucap Reno, dikutip Senin (24/6/2024).


Berapa Kali Calon Mahasiswa Harus Bayar Biaya UKT? 

Reno Khoirul Fadli sendiri merupakan anak dari seorang penjual nasi goreng di pinggir jalan dan merupakan sarjana pertama di keluarganya. Reno mengungkapkan bahwa selama kuliah dirinya hidup dalam ketakutan, bahkan dirinya takut untuk mendaftarkan diri pada program Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) karena takut tidak dapat mengawasi kondisi orangtuanya.


“Saya takut orangtua saya kelaparan, bahkan dalam program mohon maaf MSIB, saya tidak berani daftar, bukan karena takut tidak diterima, tapi takut diterima, karena dengan saya mengikuti program ini ada kemungkinan saya jauh dari orangtua, saya tidak bisa memonitoring kondisi orangtua,” ujar Reno.


Kisah Maya Nabila Lulus S3 di Usia 24 Tahun, Jadi Wisudawan Doktor Termuda ITB 

Walaupun dengan berbagai ketakutan tersebut, Reno tidak pantang menyerah dan terus bekerja keras untuk menyelesaikan pendidikannya. Dalam video tersebut, diketahui pula bahwa Reno lulus dengan IPK 3,8.


Pada video tersebut, Rektor Unair, Prof. Dr. Mohammad Nasih mengatakan bahwa akan memberikan rekomendasi pekerjaan untuk Reno.


“Untuk rekomendasi kerjaan insyaallah akan kita berikan. Saya terima nanti untuk rekomendasinya, segera kita keluarkan,” ujar Nasih.


Dari video tersebut kemudian menuai banyak komentar dari netizen. Banyak netizen yang berkomentar saling menyemangati dan termotivasi dengan kisah yang disampaikan oleh Reno.


“Untuk semua yang sedang berjuang mengangkat derajat orang tua, semoga Allah memudahkan jalan kita,” tulis @itsme.selvia_


“Kak bangga banget sama kamu, semoga aku juga bisa keterima di unair,” tulis @markf.020


“Kak kita gak kenal tapi asli merinding banget, kamu keren banget aku turut bangga,” tulis @ohhhdiam.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Viral! Reno Anak Penjual Nasi Goreng Lulus Cumlaude

Trending Now