250 Atlet NTB Akan Turun di 44 Cabor di PON XXI 2024

Ariyati Astini
Rabu, Juli 10, 2024 | 10.51 WIB Last Updated 2024-07-10T02:51:55Z

 

250 Atlet yang Akan turun di 44 Cabor di PON XXI 2024






MANDALIKAPOST.com - KONI NTB makin intens menggodok para atlet terbaik NTB dalam persiapannya menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan berlangsung di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, 8-20 September 2024.


Saat ini, Kontingen NTB untuk PON XXI sudah mengerucut. Fix, ada 44 cabang olahraga (cabor) yang akan turun di multievent olahraga nasional tersebut. Dari 44 cabor itu, terdapat sejumlah cabor baru dan diharapkan bisa berkolaborasi dengan cabor-cabor lama dan sudah menjadi andalan NTB dalam meraih medali.


"Selain cabor-cabor lama dan sudah menjadi andalan kita dalam meraih medali PON, kita berharap cabor-cabor baru bisa memberikan yang terbaik untuk NTB di Aceh - Sumatera Utara," kata Ketua Umum KONI NTB, H. Mori Hanafi.


Disebutkan Mori Hanafi, sebaran atlet dari 44 cabor itu setelah difinalkan berjumlah 250 atlet. Para atlet itu disebutnya adalah atlet-atlet terbaik yang dimiliki seluruh kabupaten kota se NTB.


”Soal jumlah atlet, sesuai yang sudah didaftarkan ke longlist,” jelas Mori Hanafi.


Berikut 44 cabor yang akan diikuti NTB pada PON XXI/2024 adalah, Atletik, Aerosport (Gantole), Akuatik, Anggar, Angkat Besi, Billiard, Balap Sepeda, Bermotor, Bridge, Bulutangkis, Berkuda, Catur, Esport, Gateball, Gulat, Hapkido, Hoki, Kabaddi, Karate, Kurash, Kempo, Kickboxing, Menembak, Muaythai, Panahan, Pencak Silat, Panjat Tebing, Petanque, Soft Tennis, Senam, Sport Dance, Squash, Selancar Ombak, Selam, Sepatu Roda, Sepak Takraw, Tenis Lapangan, Tarung Derajat, Taekwondo, Tinju, Tenis Meja, Triathlon, Voli Pasir, dan Wushu.


"Dari 44 cabor tersebut, skuad terbesar berada di cabor Atletik yang membawa 18 atlet dan 7 pelatih. Kemudian Tarung Derajat dengan jumlah 18 atlet dan 4 pelatih," kata Mori Hanafi.


Cabor Kabaddi disebut Mori Hanafi, juga sebagai cabor dengan jumlah atlet terbanyak, yakni 17 atlet dan 4 pelatih. Termasuk juga Menembak menurunkan 15 atlet dengan 4 pelatih. Bulutangkis 14 atlet dan 4 pelatih serta Hoki yang menurunkan 12 atlet dan 2 pelatih.


”Rata-rata memang cabor beregu yang paling banyak atletnya. Atau cabor yang menurunkan nomor beregu,” jelas Mori Hanafi menambahkan.


Kontingen NTB tidak hanya diperkuat cabor-cabor unggulan yang memiliki tradisi menyumbangkan medali emas. Sejumlah atlet dari cabor baru juga masuk dalam jajaran patriot olahraga NTB. Seperti Kurash, Soft Tennis, Squash, Gula, Hoki, dan Kabaddi.


"Untuk cabor baru ini peluang medali emas sangat besar. Karena semua provinsi juga baru membesarkan cabor ini,” tandasnya.


Mori Hanafi optimis cabor-cabor baru memiliki peluang besar mempersembahkan medali. Dikarenakan ini cabor baru dan menjadi hal baru bagi seluruh provinsi maka peta persaingan pun merata bagi peserta PON XXI.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 250 Atlet NTB Akan Turun di 44 Cabor di PON XXI 2024

Trending Now