Bersiap Menuju PON XXI Aceh - Sumatera, NTB Finaslisasi Jumlah Cabor

Ariyati Astini
Rabu, Juli 10, 2024 | 11.02 WIB Last Updated 2024-07-10T03:02:44Z

 


Ketua Umum KONI NTB, H. Mori Hanafi




MANDALIKAPOST.com-NTB sudah bersiap menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan digelar 8-20 September 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Kesiapan NTB itu ditunjukkan dengan finalisasi jumlah cabang olahraga (cabor) yang akan diikuti para patriot olahraga daerah ini.


Ketua Umum KONI NTB, H. Mori Hanafi, menyebutkan bahwa KONI NTB sudah menetapkan 44 cabor untuk diikuti Kontingen NTB pada pesta olahraga nasional yang digelar sekali dalam empat tahun itu. Dan, dari 44 cabor itu, KONI NTB juga sudah menetapkan sebanyak 250 atlet yang akan dibawa ke PON XXI.


”Kita sudah tetapkan ada 44 cabor dan 250 atlet yang akan bertarung membela NTB di PON XXI,” sebut Mori Hanafi.


Selain penetapan jumlah atlet, Mori Hanafi juga menyebutkan komposisi pelatih yang akan menangani para atlet tersebut. Namun untuk sebaran pelatih ini, tidak merata di setiap cabor. Jumlah pelatih disesuaikan dengan jumlah atlet masing-masing cabor.


”Rata-rata cabor beregu yang banyak atletnya atau cabor yang menurunkan nomor beregu. Jadi jumlah pelatih dan offisialnya menyesuaikan,” jelas Mori Hanafi.


Berikut 44 cabor NTB yang akan turun di multievent olahraga nasional tersebut. Diantaranya, Atletik, Aerosport (Gantole), Akuatik, Anggar, Angkat Besi, Biliar, Balap Sepeda, Bermotor, Bridge, Bulutangkis, Berkuda, Catur, Esport, Gateball, Gulat, Hapkido, Hoki, Kabaddi, Karate, Kurash, Kempo, Kickboxing, Menembak, Muaythai, Panahan, Pencak Silat, Panjat Tebing, Petanque, Soft Tennis, Senam, Sport Dance, Squash, Selancar Ombak, Selam, Sepatu Roda, Sepak Takraw, Tenis Lapangan, Tarung Derajat, Taekwondo, Tinju, Tenis Meja, Triathlon, Voli Pasir, dan Wushu.


Mori Hanafi memaparkan, dari 44 cabor tersebut, skuad terbesar berada di cabor Atletik yang membawa 18 atlet dan 7 pelatih. Kemudian Tarung Derajat dengan 18 atlet dan 4 pelatih. Disusul Kabaddi dengan 17 atlet dan 4 pelatih. Menembak menurunkan 15 atlet dengan 4 pelatih. Cabor Bulutangkis juga disebutkan membawa banyak pasukan, yakni 14 atlet dan 4 pelatih. Lalu Hoki 12 atlet dengan 2 pelatih.


Kontingen NTB sendiri tidak hanya diperkuat cabor-cabor unggulan yang memiliki tradisi menyumbangkan medali emas. Sejumlah cabor baru juga masuk dalam jajaran patriot olahraga NTB. Seperti Kurash, Soft Tennis, Squash, Gula, Hoki, dan Kabaddi.


”Untuk cabor baru ini peluang medali emas sangat besar. Karena semua provinsi juga baru membesarkan cabor ini,” pungkas Mori. *

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bersiap Menuju PON XXI Aceh - Sumatera, NTB Finaslisasi Jumlah Cabor

Trending Now