Kalahkan Thailand, Timnas Indonesia Raih Gelar Juara AFF U19 2024

MandalikaPost.com
Selasa, Juli 30, 2024 | 18.59 WIB Last Updated 2024-07-30T10:59:16Z
Laga Final AFF U19 2024.


MANDALIKAPOST.com - Indonesia keluar sebagai juara AFF U19 2024 usai kalahkan Thailand di Stadion Glora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur (29/07/2024) malam WIB.


Pertandingan berakhir dengan skor tipis 1-0 atas thailand dalam hasil pertandingan final piala AFF U19 2024.


Jens Raven menjadi kunci kemenangan Timnas Indonesia, saat tendangannya berhasil membobol gawang timnas Thailand pada menit ke-188. 


Melalui kemenganan ini, keseblasan Garuda Muda kembali mengulang sejarah 2013 silam, saat Evan Dimas Dkk berhasil meraih juara pada kejuaraan dan dengan pelatih yang sama, yakni Indra Syafri. Dengan hasil pertandingan ini, terhitung indonesia berhasil menjadi juara sebanyak dua kali pada AFF U19.



Higlight Pertandingan


Pada menit-menit awal Garuda muda membangun serangan cepat, pada menit ke-13 bermula dari pergerakan Dony Tri Pamungkas di sisi kiri, lalu memberikan bola ke Jens Raven yang meneruskannya ke Arlyansyah Abdulmanan. Namun, tembakan Arly masih membentur pemain Thailand. 



Thailand balas menyerang dan hampir mencetak gol pada menit berikutnya. Beruntung bagi Indonesia, tendangan Thanawut Pochai mengenai tiang gawang.


Kesempatan kemudian diraih indonesia pada saat mendapatkan tendangan sudut. Tendangan sudut yang diambil oleh Muhammad Kafiatur lalu disambar sundulan Kadel Arel Priyatna.


Gerakan Kadek membuat para pemain Thailand fokus ke arahnya dan membiarkan Jens Raven berdiri bebas di depan gawang.


Jens Raven lantas menyambut servis dari Kadek dan tembakannya tak mampu diantisipasi kiper Thailand, Kittipong Bunmak.


Usai tertinggal 1-0, Thailand kemudian menaikkan ritme serangan dengan cepat. Pada menit ke-36 Thailan mendapat peluang tendangan bebas yang dieksekusi oleh Piyawat Petra, tetapi tiang gawang kembali menyelamatkan gawang Indonesia.


Indonesia hampir menutup babak pertama dengan gol kedua andai tendangan bebas Toni Firmansyah gagal diamankan kiper Thailand.


Memasuki babak kedua, Thailand melakukan pressing sejak peluit banak kedua dimulai dan menghasilkan dua kesempatan lewat Siradanai Phosri dan Paripan Wongsa yang semua tembakannya bisa diblok pemain Indonesia. Phongsakorn Sangkasopha juga melepaskan tembakan pada menit ke-50, tetapi tendangannya gagal menemui target. 


Pertahanan indonesia yang rapat membuat para pemain Thailand kesulitan mencari celah untuk mencetak gol. Pada menit ke-78 Thailand mendapat angin segar dengan mendapatkan kesempatan tendangan bebas. Namun Ikram kembali melakukan penyelamatan krusial saat mampu menepis tendangan bebas Thailand.



Thailand lagi-lagi mendapatkan peluang dari tendangan Wongsa pada menit ke-85. Namun, bola masih bisa diamankan Ikram. Tak ada gol yang tercipta lagi hingga wasit meniup peluit panjang. Indonesia memastikan gelar juara Piala AFF U19 2024 usai menang 1-0.


Reporter : Lalu Guruh / Mataram



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kalahkan Thailand, Timnas Indonesia Raih Gelar Juara AFF U19 2024

Trending Now