Kebakaran Hutan dan Lahan Di Kawasan Gunung Rinjani Berhasil Dipadamkan

Rosyidin
Senin, Juli 15, 2024 | 16.28 WIB Last Updated 2024-07-15T08:28:54Z
Tim gabungan berjibaku memadamkan api di Bukit Gedong, (Foto: Istimewa/MP).

MANDALIKAPOST.com - Kebakaran hutan padang savana Bukit Gedong Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur berhasil dipadamkan oleh tim gabungan pada hari Minggu (14/7) kemarin, sekira pukul 15.55 Wita.


Kepala SPTN Wilayah II Balai TNGR, Lidia Tesa membenarkan terjadinya musibah kebakaran hutan dan ladang (Karhutla) di puncak Bukit Gedong.


"Benar terjadi kebakaran hutan di Bukit Gedong sekitar pukul 13.06 Wita. Info tersebut kami dapat dari pengelola Bukit Gedong kemarin siang," katanya, Saat dikonfirmasi oleh media ini melalui via SMS pada hari Senin (15/7).


Mendapatkan informasi tersebut,  pihaknya langsung berkoordinasi dengan Kepala Resort TNGR Aikmel dan Sembalun, Polsek Sembalun, Koramil 1615 Sembalun, PPI Jabalnusra dan pengelola bukit untuk memadamkan api tersebut.


"Begitu dapat info, langsung kami kordinasi dengan pihak terkait. Sekitar pukul 14.00 Wita Minggu siang, tim langsung bergerak naik untuk memadamkan api itu menggunakan alat seadanya," tutur Tesa.


"Alhamdulillah, api bisa dipadamkan oleh tim gabungan sekitar pukul 15.55 Wita," imbuhnya.


Adapun luas lahan yang terbakar, lanjut tesa ± 4 Hektar dan sumber api berada di puncak bukit Gedong pada koordinat (-8.413140S,116.515622E).


"Area yang terbakar itu berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, di wilayah hukum Resort TNGR Sembalun" ujar Tesa.


Sementara penyebab kebakaran tersebut, disinyalir dari ledakan kompor gas pengunjung yang sedang memasak. Adapun jenis yang terbakar ialah padang savana (rumput ilalang).


"Menurut info yang kami dapat, penyebabnya dari ledakan kompor gas salah satu pengunjung yang sedang memasak. Ia bersama pengunjung lain berusaha memadamkan api, namun karena angin kencang api tersebut tidak bisa dipadamkan dan menjalar ke padang savana di kawasan tersebut," terangnya.

Kebakaran hutan di Bukit Gedong, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, NTB, Minggu kemarin 14 Juli 2024, (Foto: Istimewa/MP).

Untuk hari ini sambungnya, Senin tanggal 15 Juli 2024, Petugas TNGR bersama PPI akan melaksanakan Mop-up pasca kebakaran yang terjadi di Bukit Gedong. Guna memastikan api telah padam secara menyeluruh di TKP.


Untuk diketahui, tim gabungan pemadam karhutla terdiri dari unsur Petugas TNGR 5 Orang, Brimob 8 Orang, Polsek Sembalun 2 Orang, Koramil 1615/10 Sembalun, PPI Jabalnusra 6 Orang dan pengelola Bukit Gedong 10 Orang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kebakaran Hutan dan Lahan Di Kawasan Gunung Rinjani Berhasil Dipadamkan

Trending Now