KPU Lotim Gandeng Awak Media Sosialisasi Tahapan Pemilukada 2024

Rosyidin
Jumat, Juli 12, 2024 | 20.45 WIB Last Updated 2024-07-12T13:59:04Z

 

KPU Lotim sosialisasi tahapan Pemilukada serentak tahun 2024, (Foto: Istimewa/MP).

MANDALIKAPOST.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur menggelar sosialisasi tahapan pemilihan serentak tahun 2024 bersama semua insan Pers se-Lombok Timur baik dari media cetak, online dan televisi. Acara berlangsung di Hotel Lombok Syari’ah Selong pada Kamis sore 11-Juli-2024 kemarin.



Ketua KPU Lotim, Ada Suci Makbullah dalam sambutannya menyampaikan pelibatan insan pers sangat penting dalam mengkawal demokrasi, dalam hal ini pada proses penyelenggaraan Pemilihan Serentak tahun 2024, khususnya di Kabupaten Lombok Timur, dan Provinsi Nusa Tenggara Barat.



Ketua KPU Lotim, yang karib disapa Uci ini memaparkan sejatinya proses tahapan Pemilihan sudah mulai berjalan. Tahapan yang sedang dikerjakan sekarang ini adalah proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.



“Progres coklit sampai dengan hari ini di Lotim sudah mencapai 97 %, target kita selesai 3 minggu, sehingga sisanya itu untuk melakukan pencermatan,” katanya.


Dilanjutkan, meski jumlah pemilih di Lombok Timur berdasarkan Data Potensial Pemilih Pemula Pemilihan (DP4) terbesar di NTB, namun progres Coklit di Lotim termasuk cepat dibandingkan dengan dengan Kabupaten/Kota yang ada di NTB.


Pada kesempatan yang sama, Zainul Muttaqin selaku anggota yang membidangi divisi Sosdiklih, Parmas, dan Humas KPU Lotim menyampaikan tujuan dari sosilisasi tahapan pemilihan bersama insan pers itu dilakukan untuk mentransfer informasi kepada masyarakat.


Ia menyadari, keberadaan lima orang komisioner KPU di kabupaten tidak mungkin bisa cukup untuk mensosialisasikan dan menjangkau wilayah Lombok Timur yang cukup luas. Karenanya, menurutnya penting melibatkan insan pers untuk membantu menyebarkan informasi positif yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada serentak 2024.


"Hal ini juga ditujukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih untuk menyalurkan hak suaranya," ucapnya.


Ia juga menyinggung masalah adanya kesalahan di lapangan, berkaitan dengan proses tahapan Coklit yang sedang berlangsung. Menurutnya tidak ada sistem yang kebenarannya absolut. Oleh karena itu, pihaknya sangat terbuka dengan adanya masukan dan saran untuk perbaikan ke depannya.


“Mengutip ucapan Tan Malaka, tidak ada suatu sistem yang absolut kebenarannya. Apa lagi  dalam konteks pemilihan sekarang ini,  juga menggunakan sistem. Makanya sistem itu juga bisa salah, hal itu juga sangat dipengaruhi oleh manusianya,” tutupnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPU Lotim Gandeng Awak Media Sosialisasi Tahapan Pemilukada 2024

Trending Now