Lestarikan Seni Budaya, Perlu Peran Aktif Pemerintah Dan Masyarakat

Ariyati Astini
Jumat, Juli 05, 2024 | 18.31 WIB Last Updated 2024-07-05T10:42:55Z

 

Ketua Sanggar Sri Taruna jaya Mariadi Basri 


MANDALIKAPOST.com- Menjaga kelestarian Seni dan budaya merupakan tugas kita semua terutama untuk melestarikan ,terlebih jika Itu merupakan kesenian yang sifatnya memerlukan adanya genarasi baru.



Ketua Sanggar Sri Taruna jaya Mariadi Basri mengharapkan agar para generasi Muda bisa melestarikan budaya perlu adanya dorongan dari pemerintah, baik itu pemerintah daerah maupun Pusat.


"Agar Kami generasi muda ini terus bisa melestarikan budaya  itu yang kami harapkan. Banyak memang program pemerintah pusat yang mengakomodir dari musik atau tradisi budaya"ujar Mariadi Usai acara Sarasehan industri kreatif Berbasis Budaya pada Kamis (4/7/2024)


Mariadia mengungkapkan, Kurangnya Sosialaisasi masih pemerintah daerah baik dinas Pariwisata dan Dikbud  mengakibatkan Seni budaya hanya jadi bagian Komoditas yang hanya untuk di jual saja.




"Saya setuju sekali bahwa memang seni budaya itu menjadi komuditas yang hanya di jual saja tapi yang kita harapkan bagaimana keberlangsungan dari seni tradisi ini bisa berjalan walaupun kita tidak pernah melihat itu sebagai minside ekonomi, yang kami harapkan membuka ruang-ruang Kreatif "ujar Mariadi.


Harapan bagi pemerintah agar pariwisata budaya bisa dikembangkan, yang akhirnya bisa  mendatangkankunjungan baik dari Lokal maupun Mancanegara.



"Artinya , kita butuh juga kolaborasi pemerintah dan masyarakat. Percuma masyarakat mempunyai keahlian sementara pemerintah termasuk pemerintah yang terkecil di desa ya agak sulit . Mereka sekarang ini fokus dengan infrastruktur dan itu sudah terpagu dalam anggaran mereka, artinya ada ruang untuk mengembamgkan baik secara potensi alam maupun manusainya .



"Harus ada pemerintah yang menggerakan ,jangan kalau ada tamu saja baru pemerintah mengadakannnya"tandasnya

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lestarikan Seni Budaya, Perlu Peran Aktif Pemerintah Dan Masyarakat

Trending Now