Pengurus BPPD Baru Dilantik, Sekda NTB Berharap Tidak Ada Konflik

Ariyati Astini
Senin, Juli 22, 2024 | 19.22 WIB Last Updated 2024-08-01T13:46:45Z

 

Pelantikan Anggota BPPD NTB di Gedung Sangkareang Mataram


MANDALIKAPOST.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melantik sembilan pengurus baru, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB. Pelantikan tersebut dipimipin langsung Sekertaris Daerah NTB H Lalu Gita Ariadi.



Gita berharap para pengurus baru tersebut bisa meningkatkan citra pariwisata di NTB, selain itu dengan melibatkan seluruh pelaku pariwisata menjadi anggota BPPD tidak ada lagi konflik didalamnya.



"Kalau kita terjebak dalam konflik yang berkepanjangan, kita akan kehilangan orientasi masa depan. Kalau daerah lain bersaing menciptakan produk dan saya tarik, sementara kita sibuk cakar-cakaran maka kita kelompok orang yang rugi," kata Gita, Senin (22/7/2024).



Setelah pelantikan tersebut Gita juga memerintah kepada para pengurus untuk melakukan konsolidasi internal. Kemudian para pengurus juga diminta untuk konsolidasi terkait dengan program kerja yang akan dilakukan.



Mantan Penjabat Gubernur itu berharap pengurus BPPD mendengar keluhan dan keinginan para pelaku pariwisata. Sehingga bisa menciptakan terobosan baru untuk meningkatkan pariwisata di NTB.



"Kami tidak ingin mendengar keluhan tidak bahagia pelaku pariwisata, kalau mereka bahagia akan bekerja maksimal untuk daerah untuk masyarakat," jelas mantan Kadis Pariwisata NTB itu.



Terpisah Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Malady mengatakan, pengurus BPPD NTB yang baru diharapkan bisa membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata NTB baik di dalam maupun luar negeri.


Jamal mengatakan target kunjungan wisatawan ke NTB pada tahun ini mencapai 2,5 juta, jumlah tersebut tentu meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya dua juta kunjungan.


"Mudah-mudahan tahun ini terlampaui, seperti itu kira-kira. Tahun ini anggaran untuk BPPD Rp 1 miliar murni untuk promosi," jelas Jamal.



Ketua BPPD NTB Sahlan M Saleh mengatakan fokus mereka saat ini meningkatkan kunjungan pariwisata dengan menciptakan image pariwisata. Diantaranya dengan melakukan promosi di dalam dan luar negeri dan sales mission di berbagai negara.



"Fokus kita di BPPD NTB sekarang bagaimana menciptakan direct flight Australia - Lombok, karena kita ketahui pasar Australia cukup tinggi datang ke Lombok," kata Sahlan.



Selain Australia, Sahlan juga mengatakan akan menambah jumlah penerbangan dari Malaysia, Cina. Mereka ingin Lombok menjadi pasar pariwisata bagi warga negara Cina.



Sementara untuk domestik, BPPD ingin menambah jumlah penerbangan dari daerah besar seperti Jawa Tengah. Dengan anggaran yang ada saat ini, Sahlan bersama pengurus yang lain akan memanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendongkrak pariwisata NTB.


Pemerintah Provinsi NTB melantik sembilan pengurus BPPD NTB yang baru, berasal dari berbagai unsur diantaranya:

Ni Ketut Wolini perwakilan PHRI NTB

Dewantoro Umbu Joka perwakilan Asita NTB

Sahlan M Saleh perwakilan Astindo NTB

Badrun perwakilan ASPPI NTB

H Abdus Syukur perwakilan PWI NTB

Lalu Patwir Uzali perwakilan HPI NTB

Ali Muhtasom perwakilan Poltekpar Lombok

Valentry Akila perwakilan Asosiasi Penerbangan

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengurus BPPD Baru Dilantik, Sekda NTB Berharap Tidak Ada Konflik

Trending Now