Asyiknya Jalan Sehat Desa Perampuan Keliling Semua Dusun, Banyak Cerita Menarik Terpendam Hingga Sejarah Kelam

Ariyati Astini
Minggu, Agustus 18, 2024 | 20.20 WIB Last Updated 2024-08-18T12:20:10Z

 





Selain untuk memeriahkan peringatan HUT RI Ke-79, kegiatan ini juga sebagai rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun Desa Perampuan yang ke-29.



MANDALIKAPOST.com- Desa Perampuan, kecamatan Labuapi, kabupaten Lombok Barat NTB, menggelar kegiatan jalan sehat yang diikuti ribuan masyarakat Desa pada Minggu (18/8) pagi. Selain untuk memeriahkan peringatan HUT RI Ke-79, kegiatan ini juga sebagai rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun Desa Perampuan yang ke-29.


“Diperkirakan sekitar 4 ribu orang warga kita ikut jalan sehat dari semua kalangan, Warga desa, staf pemdes, tokoh agama, tokoh masyarakat serta pemuda pemudi,” ungkap Kades Perampuan, H.M. Zubaidi, S.Ag., M.Pd.I., kepada wartawan.


Start rute jalan sehat dijelaskan Zubaidi, dimulai dari kantor Desa Perampuan kemudian akan berkeliling ke setiap Dusun di desa tersebut. Finish di kantor desa Perampuan yang kemudian dirangkai dengan pembagian hadiah door prize. 


Belasan juta rupiah menanti para peserta jalan sehat yang beruntung. Puluhan hadiah juga telah disiapkan penyelengara, mulai dari sepeda gunung, sepeda listrik, Kulkas, kompor gas hingga beragam hadiah menarik lainnya. Disebut-disebut juga akan ada sepeda motor sebagai hadiah utama. 


“Kita liat jumlah anggaran nanti dari para sponsor jika mencukupi sepeda motor hadiah utama,” pungkas Kades.


Kades yang akrab disapa Haji Zubed ini menjelaskan, kegiatan jalan sehat ini sengaja diinisiasi pihaknya mengingat pentingnya kesehatan dan kebersihan lingkungan bagi masyarakat. Bahkan di sela-sela kegiatan jalan sehat tersebut juga akan diisi dengan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan setiap Dusun. Ia mengaku selama ini masyarakatnya susah diajak berolahraga sehingga momentum jalan sehat selain bisa berolahraga juga bisa menjadi ajang silaturahmi antar warga, serta untuk menghilangkan penat setelah sebelumnya warga capek beraktifitas bekerja sehari-hari.


“ Sehat itu penting, selama ini kan masyarakat susah diajak olahraga . Al aklu Salim fil jitsmissalim, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat,” pungkas Kades yang juga memiliki latar belakang seorang santri itu.


Selain itu, lanjutnya, rute sengaja memilih keliling semua Dusun supaya masyarakat memiliki kepedulian dan kebanggaan dengan Desanya serta bisa menyaksikan langsung seperti apa pembangunan di Desa tersebut selama pemerintahan dirinya. Warga bisa menyaksikan langsung pembangunan mulai dari pembangunan infrastruktur fhisik maupun non fhisik.


“Mulai dari rabat jalan dan jalan dusun. Ini Lo (kita sudah membangun) Desa, bukan diam,” tegas Haji Zubed.


Ia juga menjelaskan, sengaja dipilih waktu yang tepat hari libur yang berkenaan dengan momen Dirgahayu RI Ke-79 serta HUT Desa Perampuan ke-29 supaya semua masyarakat bisa berkumpul di hari libur itu.


Diagendakan, saat acara jalan sehat tersebut akan dihadiri banyak tokoh masyarakat, baik tokoh di tingkat daerah maupun tokoh nasional seperti, mantan Dubes RI untuk Turki, DR. H. Muhammad, Iqbal, Ketua Pembina tim PKK kabupaten Lombok Barat, Hj. Sumiatun, Ketua Presidium Dewan Sasak Muda Bersatu (Desak Datu), Ir. HK. Lalu Winengan M Yunus, MM., Kapolsek Labuapi, Danposramil, Camat Labuapi serta tokoh agama, masyarakat dan tokoh pemuda. Diagendakan juga akan turut hadir PJ bupati Lombok Barat, H. Ilham, S.Pd, M.Pd.


*Desa Perampuan Dulu dan Sekarang*


Pantauan media ini, Pembangunan Desa Perampuan terbilang cukup pesat mulai dari pembangunan infrastruktur fhisik maupun non fhisik. Jalan dusun dan desa untuk pertanian mulai tertata demi mendukung pembangunan di sektor pertanian. Gedung kantor Desa juga terlihat megah bahkan telah memiliki musholla dan gedung aula sendiri. Bahkan saat ini sedang dibuat bangunan green house untuk  pembibitan tanaman pertanian dan perkebunan yang berada di belakang gedung kantor Desa.


Dulu, di era tahun 90 an Desa di Perampuan dikenal masyarakat luas sebagai Desa yang sarat dengan hal negatif. Maraknya aksi kriminal dan kenakalan remaja, mulai dari aksi pencurian, begal, miras, hingga peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Terlebih jika sudah malam hari suasana semakin mencekam mengingat marak terjadi aksi perampokan dan pembegalan.


“Dulu kalau sudah waktu isya Ndak berani orang keluar rumah atau sekedar lewat di jalan karena banyak perampok dan begal,” tutur Amaq Nahrawi warga Desa Perampuan kepada media ini.


Namun kini, Desa yang berada di sisi barat kabupaten Lombok Barat ini kini mengalami perubahan cukup drastis dari hal positif. Selain pembangunan infrastruktur yg mulai tertata rapi, sumberdaya manusianya juga telah meningkat pesat. Para pemuda sudah mulai disibukkan dengan kegiatan-kegiatan positif seperti di bidang olahraga hingga kegiatan-kegiatan keagamaan seperti kelompok berzanji hingga kelompok zikir Saman.


Di bidang olahraga misalnya, terutama di bidang sepakbola banyak pemuda telah menorehkan prestasi. Puluhan medali emas, perak dan perunggu baik di tingkat daerah maupun pusat telah diraih. Bahkan, saat ini lima orang putra terbaik Desa tersebut juga telah direkrut menjadi pemain sepakbola tingkat nasional dan sedang dalam pembinaan PSSI pusat.


Belum lagi di sektor ekonomi, Desa yang memiliki lima Dusun/Kewilayahan itu ekonomi masyarakat juga terbilang di atas rata-rata. Nyaris tidak ditemukan warga kategori miskin di Desa tersebut. Kini, angka kriminalitas di Desa itu juga berangsur-angsur pulih. Kenakalan remaja sudah mulai bisa diatasi seiring dengan telah banyak kegiatan dan program-program positif yang di dukung oleh Pemerintah Desa maupun kabupaten.(*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Asyiknya Jalan Sehat Desa Perampuan Keliling Semua Dusun, Banyak Cerita Menarik Terpendam Hingga Sejarah Kelam

Trending Now