Gunung Jae, Destinasi Wisata Replika Danau Segara Anak

L. Guruh Virgiawan D. K
Selasa, Agustus 13, 2024 | 18.46 WIB Last Updated 2024-08-13T10:47:02Z

Mataram, Mandalika Post - Lombok Barat merupakan salah satu wilayah di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memiliki banyak tempat wisata alam menarik untuk dikunjungi.

Ada banyak tempat yang direkomendasikann untuk wisatawan selain Pantai Senggigi, Taman Narmada atau pulau pulau kecil (Gili) di Sekotong. Salah satunya yang patut dikunjungi adalah destinasi wisata alam Gunung Jae.

Lokasi wisata ini berada di Desa Sedau, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Kawasan wisata ini berada 25 kilometer dari pusat Kota Mataram, Ibu Kota Provinsi NTB.

Tempat wisata ini dikelilingi perbukitan dan persawahan yang mengitari sungai layaknya danau. Airnya jernih, tenang, dan pemandangannya sangat eksotik. Tak ayal, banyak wisatawan juga menyebutnya sebagai miniatur Segara Anak Gunung Rinjani.

Sebelum menjadi destinasi wisata, tempat ini awalnya merupakan lokasi tambang bahan galian C seperti pasir dan tanah uruk. Sadar akan keistimewaan tempat ini, masyarakat kemudian memanfaatkannya sebagai tempat mata pencaharian, dengan menyulapnya menjadi tempat wisata yang indah.

Hanya dengan uang Rp. 20 ribu, kita bisa menikmati pemandangan menggunakan sampan. Dengan waktu sepuas yang diinginkan untuk mengitari danau.

Sulhan Hadi, atau yakrab disapa han, seorang yang menyediakan jasa sampan di lokasi wisata tersebut mengatakan, tempat wisata yang telah berjalan selama 4 tahun tersebut, tidak pernah sepi dari pengunjung, terlebih pada hari libur.

”Ini kalau Sabtu-Minggu pagi pasti ramai. Banyak yang camping atau cuma datang foto di danau,” terang Han. 

Tak hanya danau yang menawan, wisata ini juga menyedian Camping ground, bagi para pengunjung yang ingin bermalam menikmati suana alam Lombok Barat tersebut.

Pengunjung yang hadir juga bervariasi, dari anak muda sampai tua datang untuk menikmati suguhan wisata tersebut. Terlebih bagi mahasiswa, banyak organisasi mahasiswa juga menjadikan tempat ini sebagai lokasi acara mereka.

Seperti, Rizal salah satu mahasiswa asal Universitas Mataram, mengungkapkan, Wisata Gunung Jae merupakan lokasi acara yang tiap tahun diadakan oleh organisasinya. Menurutnya, dengan suasana yang tenang dan menyegarkan, wisata ini menjadi pilihan utama organisasinya dalam penentuan lokasi acara.

"Karna di sini tuh jauh dari riuh bising kota, tempatnya tenang, aman dan nyaman, jadi cocok buat mahasiswa untuk merefresing otak yang mumet di kota." Ucapnya.

Reporter: Bukran H / Mataram
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gunung Jae, Destinasi Wisata Replika Danau Segara Anak

Trending Now