Lomba Gendong Isteri Di Gelar Pada Perayaan HUT Kemardekaan RI Ke-79 di Kaki Rinjani

Rosyidin
Sabtu, Agustus 24, 2024 | 15.51 WIB Last Updated 2024-08-24T07:51:46Z
Ibu-ibu Parsit ranting 10 Koramil 1615-10/Sembalun lomba lari karung, (foto: istimewa/MP).


MANDALIKAPOST. com – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Repubelik Indonesia yang ke 79, 17 Agustus 2024 telah usai, namun semangat juang dan evoria rakyat Indonesia di semua daerah yang berada di Katulistiwa ini masih terasa hingga saat ini.

Dari pantauan media ini, jauh di pelosok desa yang berada di kawasan kaki gunung Rinjani masih ada sejumlah perlombaan masih berlangsung di gelar. Salah satunya perlombaan menggedong isteri yang digelar oleh satuan TNI.

 

Perlombaan itu, satu diantara empat perlombaan yang di gelar oleh Koramil 1615-10/Sembalun yang di ikuti anggota dan ibu-ibu persit ranting 3 Koramil Sembalun berlangsung sangat meriah dan penuh keceriaan, di halaman kantor Koramil Sembalun, kabupaten Lombok Timur, Jumat (23/8) kemarin.

 

Komandan Koramil 1615-10/Sembalun, Letnan satu Czi Isa Ansyari mengatakan perlombaan tersebut dalam rangka memriahkan HUT kemerdekaan RI ke-79, serta menumbuhkan semangat juang para pahlawan dan memupuk rasa sykur kepada Tuhan yang maha esa atas kemardekan Repubil Indonesia.

 

“Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk bersenang-bersenag, tetapi juga mempererat tali persaudraan dan solidaritas di antara anggota Persit dan personil Koramil Koramil,” kata Isa, saat ditemui media ini di Sembalun, Sabtu (24/8).

 

Dengan semangat kebersamaan dan cinta tanah air, peraan HUT kemerdekan RI ke-79 ini menjadi momen yang tak terlupakan bagi seluruh peserta.

Pasalnya, baru kali ini berbagai perlombaan yang diadakan oleh Koramil Sembalun melibatkan para ibu-ibu ranting Parsit dan anggota personil Koramil yang jadi pesertanya.

 

“Salah satau yang palik unik, diantara yang kami lombakan itu. Lomba mengendong isteri,” tutur Isa sembari tertawa.

 

Unutuk tahun depan, pihaknya akan adakan lagi perlombaan seperti itu yang lebih meriah. Pesrtanya pun bukan hanya dari internal Koramil saja, Tapi dibuka untuk umum. Masalah pendanaan dan hadiah itu akan diusahakan.

 

“Jangan lihat besar kecilnya hadiah, yang penting momen perayaan HUT kemardekan RI kita jadikan ajang mempererat hubungan antar waraga masyarakat dengan Koramil. Juga memnanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme, baik kepada personil TNI dan masyarakat,” tutup Isa.

Utuk diketahui, adapuan beberpa perlombaan yang diselenggrakan antara lain.

 

1. Lomba Gendong Isteri

Dalam lomba ini, para suami menunjukkan kekuatan dan ketangkasan mereka dengan menggendong istri masing-masing sambil berlari menuju garis finish.

 

2. lomba Lari Karung

 

Lomba ini, merupakan slah satu lomba tradisional yang selalu dinantikan. dimana para peserta harus berlari di dalam karung sambil menjaga keseimbangan mereka.

 

3. lomba Masukan Paku ke Dalam Botol

 

Lomba ini, menuntut ketelitian, keakurtan dan ketepatan serta membutuhkan kosentersa tingkat tinggi. Dimana peserta harus memasukkan paku ke dalam botol yang diletakkan di tanah dengan cara paku di gantung menggunakan tali dan di ikat di pinggang, kemudian setengah jongkok di atas botol.

 

4. Joget Balon Berpasangan

 

Lomba ini, untuk menguji kekompakan dan keakraban antara pasangan (suami isteri). Dimana,  pasangan ini harus menjaga balon tetap berada di antara tubuh mereka sambil berjoget mengikuti irama musik.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lomba Gendong Isteri Di Gelar Pada Perayaan HUT Kemardekaan RI Ke-79 di Kaki Rinjani

Trending Now