Mahasiswa KKN Institut Pendidikan Nusantara Gelobal Gelar Jalan Sehat di Lereng Rinjani

Rosyidin
Minggu, Agustus 25, 2024 | 21.02 WIB Last Updated 2024-08-25T13:02:05Z
Peserta jalan sehat melitasi persawahan di Sembalun, (foto: Rosyidin/MP).

MANDALIKAPOST.com – Ratusan warga masyarakat di kawasan kaki gunung Rinjani tumpah ruah mengikuti jalan sehat dengan rute sepanjang lebih krang 5 kilo meter yang digelar PPL/KKN Institut Pendidikan Nusantara Global (IPNG) Lombok dalam rangka menyemarakkan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2024.

 

"Jalan santai ini bertema, ‘Jalan sehat merdeka wisata Sembalun’. Artinya, jalan-jalan sembari menikmati indahnya Sembalun,” kata ketua PPL/KKN IPNG, Lalu Zulkarnaen saat ditemui di Sembalun, Mingu (25/80).

 

Selain jalan santai, lanjutnya, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan senam pagi sebelum peserta dilepas.

 

Ia mengatakan tujuan utama dari jalan sehat ini adalah, untuk menjaga kekompakan dan tali silaturahmi antar warga di wilayah itu. Meskipun ada yang saling kenal, tapi tidak ada kesempatan atau waktu untuk bertemu maka di sinilah tempatnya.

 

"Kegiatan ini sangat positif. Selain menyehatkan juga untuk mempererat tali silaturahmi," kata Zulkzrnaen.

 

Melalui kegiatan tersebut, Zulkarnaen berharap dapat menjadi semangat dalam menjaga persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia.

 

"Jadikanlah HUT RI ke-79 tahun ini sebagai momentum untuk tetap menjaga tali silaturahmi dan kekompakan antar warga di Sembalun khususnya, juga Lombok pada umumnya,”ucapnya.

 

Dalam kegiatan tersebut pihaknya menyiapkan puluhan hadiah menarik mulai dari setrika, kasur, bantal, ATK, peralatan masak, kompor gas hingga lemari pelastik 6 pintu.

Di kesempatan itu juga, Zulkarnen mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut. Terutama kepada Porkopimcam Sembalun dan pemdes Sembalun yang telah memfasilitasi even ini.

 

“Alhamdulillah acara ini sukses, untuk itu kami sangat berterimaksih kepada camat Sembalun dan kades Sembalun atas dukungannya,” ucap Zulkarnaen.

 

Acara ini juga di support oleh 11 lembaga diantranya. Mulai dari Smile Lombok, HK Villa, Kebon Kopi, PSHT, Madu Nusantara, Polsek Sembalun, Koramil Sembalun, PMI, Karang Taruna Timba Gading, Karang Taruna Rangka Gunung, Lebur Anyong Saling Sedok dan kedua media parnernya.

Ketua panitia menyerahkan door prize ke peserta yang dapat undian, (foto; Rosyidin/MP).
 

Kepala Desa Sembalun, Harmini dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata perhatian pemerintah desa dan kecamatan terhadap pembangunan di bidang pariwisata.

 

 

"Melalui rangkaian kegiatan ini saya harapkan usaha keras kita dalam memajukan pariwisata di Sembalun, guna mewujudkan pembangunan di segala bidang khususnya dunia pariwisata dapat terwujud," kata harmini.

 

Sesuai dengan tujuan jalan sehat ini, lanjut Harmini berolahraga samabil berwisata. Untuk itu, jangan sampai saling mendahului, kareana banyak anak-anak yang ikut dalam giat tersebut.

 

“Namanya jalan sehat, kita kan mencari ketenangan dan kesehatan,” pungkasnya.

 

Dengan kegiatan ini, samabungnya banyak sekali mamfaat yang di petik. Bukan hanya sekedar bersanatai tetapi lebih dari itu, selain itu ini bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang maha esa atas anugerah kemerdekan ini dan Sembalun yang indah nan subur.

 

“Insyaallah kita bisa mengambil manfaat dari kegiatan ini, dan kami akan dukung apa pun bentuk kegitan di Sembalun yang sifatnya positif terhadap waraga masyarakat kami,” kata Harmini.

 

“Mudah-mudahan tahun berikutnya bisa kita selenggarakan lebih meriah lagi dari sebelumnya. Karena tahun kemarin juga sempat kita melakukan kegiatan yang sama yakni, Rinjani Color Run pesertanya pun ribuan dari berbagai daerah di Lombok maupun dari luar pulau Lombok,” tutupnya, sembari menggucapkan Bismillahirrohman nirrohim, pertanda resmi melepas para peserta jalan sehat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN Institut Pendidikan Nusantara Gelobal Gelar Jalan Sehat di Lereng Rinjani

Trending Now