Menteri LHK Rayakan HUT RI Ke-79 Di Kaki Gunung Rinjani

Rosyidin
Minggu, Agustus 18, 2024 | 19.42 WIB Last Updated 2024-08-18T11:42:37Z

Menteri LHK RI, Siti Nurbaya bertindak langsung sebagai inspektur upacara perayaan HUT RI ke-79 tahun 2024 di lapangan umum Kecamatan Sembalun, (Foto: Rosyidin/MP).

MANDALIKAPOST.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya rayakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di lapangan umum Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (17/8).


Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk merayakan kemerdekaan di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal), selain itu untuk menjalin silaturahmi antar pemerintah pusat dengan masyarakat setempat.


Dalam amanatnya, disampaikan saat menjadi inspektur upacara Siti Nurbaya mengatakan bahwa kehadirannya di Sembalun adalah berdasarkan instruksi Presiden.


“Perayaan kemerdekaan tahun ini melibatkan sembilan menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sembilan menteri lainnya di sebar di berbagai daerah. Saya berada di sini untuk merayakan kemerdekaan bersama masyarakat di kawasan gunung Rinjani nan indah ini,” ujarnya.


Siti Nurbaya, mengaku bangga upacara di Sembalun yang dikelilingi pegunungan dan perbukitan. Menurutnya, ia sangat bersyukur ini sebagai pengalaman baru yang sangat berkesan.


“Saya bersyukur dan bahagia berada bersama -sama masyarakat Sembalun dan generasi muda serta anak-anak yang kami cintai," ucap Siti Nurbaya.


Melihat semangat dan antusias warga yang berada di kaki gunung Rinjani mengikuti proses upacara HUT RI ke-79 ini. Siti Nurbaya sangat mengapresiasi masyarakat setempat, pasalnya diantara peserta upacara ada anak-anak usia TK yang turut hadir dalam acara tersebut.


"Alhamdulillah, semangat kebangsaan mulai tertanam sejak dini. Ya, kita lihat dari semangat dan antusiasnya anak-anak mengikuti upacara HUT kemerdekaan di tahun ini. Ini memberikan kesan yang sangat mendalam," katanya.


Peringatan HUT RI ke-79 tahun 2024 ini, lanjut Siti Nurbaya mengambil tema "Nusantara Baru Indonesia Maju". Tema ini memberikan semangat untuk kemajuan dan berkelanjutan.


"Tema ini, tidak hanya menjelaskan tentang  arah dan cita-cita bangsa untuk masa depan. Tetapi untuk mengajak seluruh rakyat, mengajak kita semua untuk refleksi perjalanan sejarah dan mengambil langkah-langkah kongkrit menuju kemajuan bersama," jelas Siti Nurbaya.


Tahun ini, paparnya lebih lanjut bertepatan tahun ke-79 kemerdekaan merupakan momen yang penting karena merupakan masa transisi besar di Indonesia. Merupakan batu loncatan bagi bangsa Indonesia ke masa depan yang sangat penting menuju Indonesia emas tahun 2045.


Tentu semangat baru yang kuat dibutuhkan, semangat persatuan Nusantara dengan tetap berpegang pada prinsip dan pada nilai-nilai luhur Indonesia yaitu Pancasila.


"Momen ini juga penting, dengan semangat kita bersama untuk terus berjuang menjaga kemerdekaan Indonesia dari ancaman kerisis, termasuk kerisis lingkungan," jelasnya.


Kemerdekaan yang kita raih, sambutannya bukan hanya lepas dari penjajahan. Tetapi juga kemampuan kita untuk mandiri dan berdaulat dalam menjaga dan memelihara hubungan hidup Indonesia sebagaimana cita - cita nasional.


"Tadi sudah disampaikan, menuju cita-cita nasional kita yaitu menuju merdeka, bersatu, berdaulat, bersatu adil dan makmur," imbuh Siti Nurbaya.


Lebih tegas, Siti Nurbaya menyampaikan dalam pidato kebangsaannya menuju cita-cita dengan tujuan negara melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia. Memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.


"Prinsip ini yang harus kita pegang teguh, disatu sisi kita merayakan kemerdekaan sebagai bangsa yang berdaulat dan merdeka. Di sisi lain kita juga harus kemerdekaan ini dipertahankan dari berbagai ancaman, termasuk ancaman kerisis lingkungan," tegasnya.


Selain itu, ia juga menyampaikan selama 10 tahun KLHK telah banyak bekerja, hal ini tentu tidak terlepas dari peran dan aksi nyata dari masyarakat serta generasi muda yang ada di wilayah Sembalun.


"Terimakasih telah menjaga kebakaran hutan dan lahan, kita mempercepat akses hutan sosial bagi masyarakat. Juga kita menjaga satua perlindungan biodervisiti pembangunan infrastruktur hijau untuk penanganan sampah dan limbah. Ini semua merupakan hal yang baik," ucap Siti Nurbaya.


Pada kesempatan itu juga, ia menyampaikan salam hangat dari orang nomer satu di Indonesia yakni persiden RI, Ir H Joko Widodo (Jokowi) dan wakil presiden, KH Ma'ruf Amin serta Persiden dan wakil presiden terpilih, Jenderal Purnawirawan H Prabowo Subianto dan Gibran Raka Buming Raka kepada masyarakat Sembalun khususnya dan warga masyarakat NTB umumnya.


Bapak presiden Jokowi telah menegaskan, bahwa masyarakat NTB, khususnya warga yang berada di wilayah kaki gunung Rinjani melakukan aksi-aksi untuk lingkungan dengan contoh-contoh yang nyata. Dimana NTB cukup baik menangani kebakaran hutan dan lahan.


"Dengan partisipasi masyarakat, partisipasi yang kami selalu banggakan di dunia. Bahwa partisipasi masyarakat Indonesia sangat-sangat baik. Untuk itu, sekali lagi kami ucapkan terimakasih atas partisipasinya," ujarnya.


Hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan ke-79 juga dimaknai sebagai jiwa patriotisme, jiwa kepahlawanan dalam mengaksentuasikan dalam mewujudkan dan memperlihatkan peran masyarakat untuk selalu siap menjaga lingkungan dan kelestarian alam secara sungguh-sungguh bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Anggota paskibraka menyalami Menteri LHK, Siti Nurbaya setelah rangkaian perayaan HUT kemerdekaan RI ke-79 di Sembalun, (foto: Rosyidin/MP).

Sementara itu, ketua panitia Kecamatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Saprudin S.Pd merasa bangga dengan kehadiran Menteri LHK RI, Siti Nurbaya. Pasalnya, baru kali ini Menteri menghadiri upacara HUT kemerdekaan RI.


"Kami bersyukur dan bangga upacara HUT kemerdekaan RI ke-79 2024, sepanjang sejarah baru kali ini seorang Menteri bertindak langsung sebagai inspektur upacara. Ini suatu kehormatan bagi kami, inilah bentuk perhatian pemerintah terhadap Sembalun," kata Saprudin, penuh semangat.


Melalui upacara ini, lanjut Saprudin pemerintah ingin menegaskan bahwa kemerdekaan dan pembangunan harus dirayakan serta dirasakan tidak hanya di pusat pemerintahan saja. Akan tetapi  juga di daerah-daerah terpencil.


"Hal ini mencerminkan komitmen pemerintah, untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia," ujarnya.


Saprudin berharap, perayaan kemerdekaan di tahun berikutnya untuk bisa dihadiri oleh Kementrian lainnya seperti saat ini. Supaya dapat memperkuat semangat nasionalisme dan memotivasi masyarakat untuk terus berkontribusi dalam pembangunan di daerah setempat.


“Semoga perayaan kemerdekaan tahun depan bisa dihadiri oleh Kementrian atau pejabat-pejabat tertinggi lainnya. Agar semangat kemerdekaan ini dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,” harap Saprudin.


Untuk diketahui, turut hadir dalam perayaan HUT kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024 yakni para jajaran pejabat pusat, unit-unit KLHK, TNI, Polisi, dan para aparatur sipil negara. Serta seluruh pimpinan unsur Porkopimda Kabupaten/Provinsi, unsur Porkopimcam Sembalun, ibu-ibu darmawanita, para organisasi kepemudaan, organisasi perempuan, para guru, pramuka, pelajar, tokoh masyarakat, tokoh adat dan seluruh lapisan masyarakat Sembalun.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menteri LHK Rayakan HUT RI Ke-79 Di Kaki Gunung Rinjani

Trending Now