Dishub NTB Pastikan Akomodasi Menjelang MotoGP Sudah Siap

Ariyati Astini
Jumat, September 06, 2024 | 08.10 WIB Last Updated 2024-09-06T00:10:12Z

 



Kepala Dinas Perhubungan NTB Lalu. Moh.Fauzal



MANDALIKAPOST.com- Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi NTB, Lalu M. Faozal, memastikan seluruh jalur menuju  Lombok dan Mandalika tersedia bagi pencinta MotoGP.  Mulai dari jalur udara, laut, hingga darat dipastikan aman dan cukup untuk membawa penonton MotoGP menuju epicentrum perhelatan MotoGP, yaitu sirkuit Mandalika.



Untuk jalur udara, Dishub NTB akan membuka dua rute penerbangan baru yaitu dari Semarang – Lombok yang akan dibuka pada tanggal 8 September nanti, ada juga dari Lombok – Batam yang akan dibuka pada tanggal 13 September mendatang. Ada juga tambahan empat penerbangan dari Jakarta – Lombok oleh Garuda, dan delapan penerbangan rute yang sama seminggu menjelang event.



Untuk jalur laut dan darat, Dishub NTB siapkan lima gate atau pintu kedatangan untuk penonton MotoGP. Gate pertama ada dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) diperkirakan 25 persen penonton MotoGP masuk ke Mandalika lewat jalur ini.



“Gate satu Bizam, 25 persen estimasi kita bahwa kira-kira pergerakan penonton kita di MotoGP tahun ini dari sini,” ujarnya.


Gate dua dari Kota Mataram, Faozal memperkirakan sekitar 45 persen penonton MotoGP lewat Kota Mataram untuk menuju Sirkuit Mandalika. “45 persen kita asumsikan melalui gate dua Mataram, karena berdasarkan penjualan tiket ITDC, terbesar masih ada di Mataram,” lanjutnya.


Kemudian Gate tiga dari Pelabuhan Gili Emas dan Pelabuhan Lembar, diperkirakan 30 persen penonton MotoGP melewati jalur ini. Telah disiapkan 20 kapal rute Lembar – Padangbai untuk membawa penonton menuju pulau Lombok. Di Gili Emas juga sudah tersedia kapal jalur Gili Emas – Surabaya bagi penonton yang dari Pulau Jawa. Selain itu, disiapkan pula tol laut sehingga dipastikan persiapan konektifitas jalur laut cukup untuk membawa penumpang.



Gate empat ada di Pelabuhan Bangsal, yang mana menurut mantan Kadispar NTB ini bahwa akan banyak penonton MotoGP yang akan stay atau menginap di Gili Tramena, sehingga beberapa penonton MotoGP akan melewati jalur ini untuk menuju Mandalika.


“Gate empat ada Pelanuhan Bangsal bahwa tiga gili kita dipakai oleh penonton MotoGP untuk stay. Kemudian gate tiga ada Lembar dengan asumsi pergerakan penonton akan menggunakan fasilitas kapal, sekarang sudah tersedia 20 kapal dari Lembar ke Padangbai, dan juga dari lembar menuju Jangkar yang ada di Situbondo, pengganti dari lembar ke ketapang,” jelasnya.



Gate lima ada di pelabuhan Kayangan, Lombok Timur. Diperkirakan penonton yang berasal dari pulau Sumbawa akan melalui jalur ini untuk menonton MotoGP. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dishub NTB Pastikan Akomodasi Menjelang MotoGP Sudah Siap

Trending Now