Iqbal Bakal Perkuat Ekosistem Industri Guna Atasi Persoalan Kemiskinan di NTB

Ariyati Astini
Selasa, September 03, 2024 | 08.02 WIB Last Updated 2024-09-03T00:06:05Z

 

Calon Gubernur NTB Lalu Muhammad Iqbal

MANDALIKAPOST.com-Calon Gubernur NTB Lalu Muhammad Iqbal akan memperkuat ekosistem industri guna menekan angka pernikahan anak dan kemiskinan di NTB jika terpilih nanti.


Terkait masalah penyelesaian perkawinan dini, kata Iqbal harus dilakukan dengan penyelesaian jangka pendek dan jangka panjang.


"Ada dua penyelesaian jangka pendek dan panjang, jangka pendeknya program akan kita perpanjang dari yang sudah dilakukan pemerintahan sebelumnya (Zul-Rohmi, Red) dan juga dengan didukung anggaran yang memadai dan pelibatan semua pihak. Sedangkan untuk jangka panjangnya kita akan mengecek akar dari masalahnya itu apa," jelasnya.


Iqbal menuturkan, setelah hampir 10 bulan keliling NTB, kasus pernikahan anak atau pernikahan dini banyak terjadi karena faktor kemiskinan. Faktor kemiskinan ini menurutnya memberikan imbas yang sangat fatal, tak hanya terjadinya pernikahan anak tetapi juga maraknya peredaran narkoba.


"Ini adalah salah satu fenomena sosial simptomatik. Akar maslahnya itu kemiskinan, jadi yang harus ditujukan itu kemiskinanannya, bukan hanya masalah pernikahan anak, tapi juga maslah narkoba dan sebagainya," terang Iqbal. 


Melihat fenomena tersebut, Iqbal dalam programnya akan membangun ekosistem industri berbasis pertanian, peternakan dan kelautan. Karena berdasarkan Statistik selama 15 tahun terakhir, kantong kemiskinan di Indonesia itu ada di daerah pesisir nelayan, peternak dan petani.


"Dengan kita membangun sistem industri di situ, kita juga menyelesaikan masalah kantong- kantong kemiskinan ini"tandas Iqbal.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Iqbal Bakal Perkuat Ekosistem Industri Guna Atasi Persoalan Kemiskinan di NTB

Trending Now