KPU Lotim Gelar Pleno Terbuka Penetapan Nomor Urut Masing-Masing Paslon

Rosyidin
Selasa, September 24, 2024 | 16.01 WIB Last Updated 2024-09-24T08:01:39Z
Kelima paslon Pilkada 2024 Lombok Timur dalam acara pengundian nomor urut masing-masing calon. (foto: Rosyidin/MP).

MANDALIKAPOST.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur menggelar rapat pleno terbuka penetapan Nomor Urut (Norut) para Pasangan Calon (Paslon) yang bertarung di Pilkada 2024, Senin (23/9) kemarin.


Sebanyak 5 calon yang sebelumnya telah memenuhi kelengkapan berkas administrasi dan ditetapkan sebagai Paslon, datang ke KPU Lombok Timur untuk mengambil pengundian Norut diiringi para relawan hingga anggota partai pendukung dari masing-masing Paslon.


Hj Rumaksi Sj dan Sukssman Azmy menjadi Paslon yang pertama datang ke KPU Lotim, diikuti oleh Hairul Warisin dan Edwin Hadiwijaya.


Menyusul Tanwirul Anhar dan Daeng Paelori, kemudian Syamsul Luthfi dan Abdul Wahid, terakhir yakni Suryadi Jaya Purnama dan TGH Lalu Gede Muhammad Khairul Fatihin.


Pada pengambilan Norut ini, Rumaksi-Sukisman mendapatkan Norut 1 yang nantinya akan menjadi tanda pengenal dari pasangan yang memiliki slogan RAMAH ini.


Kemudian, Iron-Edwin yang akrab dengan selogan SMART ini mendapatkan Norut 2, kemudian ada Tanwir-Daeng dengan selogan paket TANDA ini mendapatkan Norut 3.


Sedang untuk Norut 4 didapatkan oleh pasangan dengan selogan LOTIM MANIS yakni pasangan Luthfi-Wahid


Dan yang terakhir, untuk Norut 5 didapatkan oleh paket SJP-Fatihin yang akrab dengan selogan SOLAH-SOLEH ini.


Kordiv Teknis Penyelenggaraan KPU Lombok Timur, Mulyadi menjelaskan, mekanisme pengundian Norut dalam Pilkada 2024 dirangkai dengan deklarasi kampanye damai yang nantinya akan dimulai sejak resminya Paslon ini mendapatkan Norut.


Dimana, para calon Bupati dan calon Wakil Bupati mengambil bola pengundian sesuai dengan no antrian yang terdiri dari 1-18.


Nomor undian ini juga diambil oleh Paslon sesuai dengan daftar kehadiran, dimana yang pertama kali mengambil adalah masing-masing Calon Wakil Bupati diantaranya Rumaksi di wakilikan Sukisman, kemudian Luthfi diwakilkan Wahid, sedang Tanwir diwakilkan Daeng, Iron diwakilkan Edwin, terakhir SJP diwakilkan Fatihin.


“Selanjutnya Bapaslon menunjukkan antrian yang diambil dan mereka mengambil bola undian dan mereka menunjukkan langsung Norut yang didapatkan,” ucap Mulyadi.


Hasil pengundian ini juga dituangkan dalam berita acara penetapan calon Bupati. KPU Lotim juga menyampaikan salinan penetapan calon Bupati dan calon Wakil Bupati kepada Bapaslon dan juga Bawaslu Lotim.


“Pada undian Norut ini juga Bapaslon menyampaikan komitmen untuk melangsungkan kampanye secara aman damai. Disini paslon menyampaikan ke seluruh masyarakat untuk menjalankan kampanye damai dalam Pilkada 2024,” tutupnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPU Lotim Gelar Pleno Terbuka Penetapan Nomor Urut Masing-Masing Paslon

Trending Now