Pendaki Asal Malaysia Terpeleset di Gunung Rinjani, Berhasil Dievakuasi

Rosyidin
Senin, September 16, 2024 | 18.28 WIB Last Updated 2024-09-16T10:28:59Z
Seorang pendaki asalam Malaysia saat di evakuasi oleh tim evakuasi TNGR. (foto: Istimewa/MP).

MANDALIKAPOST.com – Seorang pendaki gunung asal Malaysia mengalami kecelakaan saat mendaki Gunung Rinjani melalui jalur Sembalun, Lombok Timur, pada Selasa (16/9).


Korban, Mohd Hafidz (38), terpeleset dan jatuh ke tebing dengan kedalaman sekitar 10-15 meter saat menghindari porter di sekitar Pos II jalur pendakian.


"Kejadiannya sekitar pukul 10.50 WITA. Korban terpeleset dan mengalami luka pada pelipis mata kanan, leher, punggung, dan pergelangan kaki kanan," ujar Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Yarman, S.Hut., M.P. saat dikonfirmasi media ini melalui via telepon.



Beruntung, lanjut Yarman rekan pendaki dan petugas Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang berada di sekitar lokasi kejadian langsung memberikan pertolongan pertama.


Korban kemudian dievakuasi ke Pos II untuk mendapatkan penanganan medis sementara sebelum akhirnya dibawa ke Pusat Kesehatan Sembalun (Puskesmas).


"Sekitar pukul 16.30 WITA, korban berhasil dievakuasi ke puskesmas dan mendapat perawatan medis. Saat ini, kondisi korban sudah stabil," tambah Yarman.


Dengan kejadian ini, Kepala BTNGR Mataram, Yarman mengimbau kepada seluruh pendaki untuk selalu berhati-hati dan mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan. 


"Jalur pendakian Gunung Rinjani memang menantang, namun keselamatan harus tetap menjadi prioritas utama," tegasnya.


Yarman juga mengingatkan pentingnya menggunakan jasa pemandu lokal yang berpengalaman.


"Pemandu lokal sangat membantu dalam memberikan informasi tentang kondisi jalur dan memberikan pertolongan pertama jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," jelasnya.


Mohd Hafidz (korban) mengaku sangat bersyukur atas pertolongan yang diberikan oleh petugas TNGR dan para pendaki lainnya.


"Kami sangat berterima kasih atas bantuannya. Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi," ungkapnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pendaki Asal Malaysia Terpeleset di Gunung Rinjani, Berhasil Dievakuasi

Trending Now