Rohmi - Firin "Ditantang" Tingkatkan Akses Pendidikan Tinggi, Ciptakan Satu Doktor Satu Kecamatan di NTB

MandalikaPost.com
Minggu, September 15, 2024 | 19.59 WIB Last Updated 2024-09-15T11:59:08Z
Dukungan kaum perempuan semakin kuat menangkan Rohmi-Firin di Pilgub NTB 2024.


MANDALIKAPOST.com - Dukungan kaum perempuan semakin menguat untuk pasangan Bacagub dan Bacawagub NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah dan Ir H W Musyafirin (Rohmi-Firin) dalam Pilgub NTB 2024. 



Hal ini terungkap dari sejumlah fenomena dilapangan bahwa kaum perempuan akan bersatu ingin mengukir sejarah baru yakni memiliki Gubernur NTB Perempuan pertama. 



Selain berorientasi gender karena Ummi Rohmi merupakan Calon Gubernur perempuan pertama di NTB, dukungan juga termotivasi lantaran Program - Program Visi Misi Rohmi-Firin yang dinilai berpihak pada kepentingan masyarakat terutama di sektor kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan keluarga.




Menebalnya dukungan kaum perempuan untuk Rohmi Firin dipotret dalam Roadshow Mi6 episode 5 bersama tokoh/ masyarakat di Pekat Dompu dan Empang, Sumbawa Besar, Sabtu, 14 September 2024.



Selain dukungan kaum perempuan, Roadshow Mi6 kali ini juga menangkap sinyal dukungan dari relawan Tim Penenangan TGB - Amin 2013, yang akan memperkuat basis pemenangan dan elektoral untuk Rohmi Firin dalam Pilgub NTB tahun ini.




Dialog Stake Holder Rohmi Firin Center Dompu 



Roadshow Mi6 episode 5 dimulai dari kecamatan Empang Sumbawa Besar, setelah tim pemenangan Rohmi Firin bersama Mi6 berkunjung ke Desa Kadindi, Dompu.



Dikecamatan Pekat Dompu, Tim Road Show Mi6 bertemu dan berdialog dengan para stake-holder pemenangan Rohmi Firin dengan intensif. 



Ketua Rohmi Firin Center Dompu, Nasarudin Arjun SPD ing mengatakan bahwa dirinya dan tim tetap bergerak day by day secara swadaya untuk menjemput bola dan memperluas jaringan pendukung Rohmi Firin di Dompu. 


"Rohmi Firin Center Dompu gabungan dari berbagai elemen masyarakat tetap memiliki agenda kunjungan ke masyarakat untuk menyakinkan hati mereka tentang kebaikan dan keunggulan Rohmi Firin," kata Nasarudin Arjun yang akrab di sapa Aba Nas. 



Sementara itu tidak kurang dari 75 orang perwakilan dari 10 desa Empang atas, empang bawa, pamanto, ongko, bunga eja, lamenta, boal, gapit. Jotang, jotang beru sangat antusias menerima kunjungan Mi6.



Tokoh Pemuda Kecamatan Empang, Gema Wahyu Pranata mengatakan, komposisi perwakilan dari 10 desa itu tersebar merata berdasarkan gender dan juga latar belakang. Mulai dari pedagang bakulan, petani dan peternak, pelaku UMKM dan ibu rumah tangga.



"Masyarakat ini datang dengan antusias untuk mendengar dan berdialog langsung terkait program Rohmi-Firin. Dan Inshaa Allah, dukungan di sini untuk Gubernur Ummi Rohmi dan Wagub Haji Firin" tegas Gema.


Pertemuan di Empang dibuka dengan sambutan Direktur Mi6 Bambang Mei Finarwanto dan pemaparan program Rohmi Firin oleh Sekretaris Mi6 Lalu Athari Fathullah.


Dalam dialog bersama warga, Rohmi - Firin diharapkan mampu meningkatkan angka partisipasi perempuan dalam pembangunan.



"Kami juga berharap agar Rohmi Firin bisa memperhatikan ibu ibu PKK khususnya yang ada di Desa. Kami butuh pembinaan agar bisa lebih aktif dan dilibatkan dalam partisipasi pembangunan" kata Rosdiana yang juga anggota PKK Empang.



Menurut Rosdiana , ibu ibu PKK memiliki peran yang sangat strategis dalam kesejahteraan keluarga. Akses partisipasi mereka bisa sangat berperan dalam pembangunan jika pemerintah benar benar memberi perhatian.



"Ibu ibu PKK ini kalau bisa mendapatkan insentif, supaya kegiatan yang ada bisa terus berjalan dan membantu program pembangunan. Karena zaman sekarang ini, kita nggak bisa cuma omon-omon doang tanpa anggaran" kata Rosdiana 



Ia mengatakan, majunya Ummi Rohmi sebagai perwakilan perempuan di Pilgub NTB membawa harapan baru dan angin segar untuk kesetaraan gender dalam pembangunan NTB ke depan.



"Sudah saatnya kami terlibat untuk memenangkan perempuan di Pilgub NTB, apalagi Ummi Rohmi akan mencatat sejarah sebagai Gubernur Perempuan pertama di NTB" tegas Rosdiana 



Sejumlah warga lainnya berharap agar Rohmi Firin bisa mengatasi berbagai masalah yang ada di wilayah Kecamatan Empang, jika kelak terpilih memimpin NTB.



"Di Empang ini, masalah kelangkaan gas Elpiji dan mahalnya harga di atas rata rata masih selalu terjadi. Kami berharap Rohmi Firin bisa memberikan solusi jika terpilih nantinya," ujar Husein seorang warga setempat.



Dalam kunjungan Roadshow di Empang, Mi6 juga membagikan souvenir yang dikemas rapi kepada masyarakat yang hadir berupa jilbab berwarna hijau atau jilbab ijo, stikter Rohmi Firin dan juga 20 banner Rohmi Firin untuk 10 desa sekecamatan Empang. 



Tim Pemenangan Pigub 2013 , TGB - Amin


Di Desa Kampung Baru, Alas, tak kurang dari 60 an lebih warga yang didominasi kaum perempuan menyambut kedatangan tim Road Show Mi6.



Salah seorang tokoh yang juga pensiunan PLN, Gusniadi mengatakan, Desa Kampung Baru merupakan desa yang dihuni 2.600 KK yang didominasi berasal dari Lombok sebanyak 95 persen. Namun desa ini cukup heterogen karena juga dihuni warga asal Sumbawa, Mbojo, dan Jawa, yang hidup berdampingan dengan rukun.



Dalam tanya jawab, Gusmiadi "menantang' Rohmi Firin untuk bisa memperbaiki mutu dan akses pendidikan.



"Kalau bisa jika terpilih nanti, Rohmi Firin menciptakan satu Doktor satu Kecamatan. Supaya anak anak kami generasi penerus NTB bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi" katanya.



Terpisah Sekretaris Mi6, Lalu Athari Fathullah mengatakan semenjak terbentuknya propinsi NTB tidak pernah perempuan menjadi Pemimpin Daerah/Gubernur. 


"Semoga pilgub ntb 2024 , Rohmi Firin menjadi Pemenang dan membuat sejarah baru menjadi Gubernur NTB pertama dari kaum perempuan ," kata Lalu Athari. 



Selanjutnya Sekretaris Mi6 mengupas visi misi Rohmi Firin dalam Pilgub NTB 2024 - 2029 meningkatkan kualitas pendidikan , membangun karakter unggul dan menyiapkan SDM yang berdaya Saing. 



"Memperluas jangkauan dan mempermudah layanan kesehatan berkualitas serta memberi perlindungan sosial berkelanjutan," papar Athari sembari 

menguraikan 6 visi misi Rohmi Firin Lainnya. 


Sementara itu, warga lainnya bernama Akeng menjelaskan, bahwa Kecamatan Alas merupakan wilayah basis relawan pendukung TGB - Amin dalam Pilgub NTB 2013. Ia menegaskan, mereka akan mendukung Rohmi Firin di Pilgub NTB 2024 ini.



"Kami disini merupakan kelompok relawan tim pemenangan TGB Amin di tahun 2013 bertekad mendukung dan memenangkan Rohmi Firin di Pilgub kali ini" katanya.



Sepanjang Roadshow ke 5 di Sumbawa, Mi6 menangkap aspirasi, harapan dan juga dukungan dari akar rumput untuk Rohmi Firin.



"Yang jelas bisa kami tangkap, itu ada semacam gerakan bersama dari kaum perempuan untuk memenangkan Rohmi Firin, karena termotivasi semangat gender. Para ibu ibu menyampaikan mereka ingin terlibat dalam sejarah memenangkan Gubernur perempuan pertama di NTB," kata Direktur Mi6, Bambang Mei Finarwanto.



Pria humble yang akrab disapa Didu menjelaskan, selain dukungan kaum perempuan juga hadir dukungan dari kelompok relawan TGB Amin yang muncul secara spontan.



"Pertemuan di Kampung Baru Alas itu sebenarnya di luar jadwal Roadshow, akan tetapi kami dihubungi oleh relawan Tim Pemenangan TGB Amin yang meminta kami mampir karena jejaring relawan TGB Amin ini memberikan dukungan Rohmi Firin, sangat spontan," jelasnya.



Diakhir acara , Tim Road Show Mi6 membagikan puluhan souvenir Jilban ijo dan stiker yang dikemas rapi dan mengajak sesi foto bersama disertai yel yel khas Mi6 untuk menyemangati Rohmi Firin di pimpin Sekretaris Mi6. 


"ROHMI FIRIN.. BERSATU , BERJUANG , MENANG"

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rohmi - Firin "Ditantang" Tingkatkan Akses Pendidikan Tinggi, Ciptakan Satu Doktor Satu Kecamatan di NTB

Trending Now