Sambut Para Atlet PON XXI Aceh -Sumut, Pemprov NTB dan KONI NTB Ajak Pawai Keliling Kota

Ariyati Astini
Senin, September 23, 2024 | 22.31 WIB Last Updated 2024-09-23T14:31:08Z

 

Para atlet diajak Keliling Kota mataram melakukan pawai  Bersama atlet, pelatih dan seluruh ofisial kontingen,




MANDALIKAPOST.com - Penyambutan kepulangan  PON XXI Aceh - Sumatera Utara Kontingen Nusa Tenggara Barat berlangsung di Gelanggang pemuda Mataram Senin sore (23/9/2024).


Sebelum penyambutan, para atlet diajak Keliling Kota mataram melakukan pawai  Bersama atlet, pelatih dan seluruh ofisial kontingen, Pj Gubernur, Hassanudin ikut berkeliling kota memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih dengan 16 emas , 17 perak dan 21 perunggu. 


Pj Gubernur NTB  Hasanuddin ikut dalam rombongan menggunakan kendaraan bak terbuka agar masyarakat dapat menyaksikan dan mengetahui hasil perjuangan para patriot olahraga yang telah memberikan kebanggaan kepada masyarakat. 


Iring iringan puluhan kendaraan mengawali pawai dari Gelanggang Pemuda Mataram menuju Ampenan melewati simpang arah Polda NTB, lapangan Malomba, Pasar Kebon Roek ke pusat aktifitas masyarakat di jalan Udayana, simpang BI menuju kantor Gubernur melewati Pasar Cakranegara, simpang Tanah Haji, Gomong Mataram dan kembali ke Gelanggang Pemuda Mataram. 


Sepanjang perjalanan yang diikuti pula oleh seluruh kepala OPD dan forum komunikasi pimpinan daerah, para pejabat lembaga negara dan seluruh pendukung kontingen PON NTB dikawal mobil calling milik Dinas Kominfotik NTB yang memberikan informasi tentang capaian Kontingen NTB di PON XXI yang berakhir 20 September kemarin. 


Kegiatan ini menjadi rangkaian penyambutan Kontingen PON NTB yang mengirimkan total 554 orang terdiri dari 147 atlet yang bertanding di 44 cabang olahraga.



Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB, Mori Hanafi dalam sambutannya melaporkan Kontiengen NTB meraih 16 Medali Emas dari target 20 Medali, 17 Medali Perak dan 21 Medali Perunggu. 


Meski  demikian raihan Medali PON XXI kali ini diklaim lebih baik dari sebelumnya yaitu PON XX Papua NTB meraih 15 Medali Emas. 


"Raihan ini ada peningkatan dari sebelumnya. Walapin demimian kami minta maaf target belum berhasil kami raih," ungkap Anggota DPR RI tepilih itu. 


KONI NTB melihat atlit kontingan dari provinsi besar melatih atlirnya di luar negeri. Hal itu merupakan kegigihan daerah yang punya finansial besar. 


"Faktor tuan rumah juga cukup mempengaruhi kami. Contoh Kicx Boxing," jelasnya. 


Catatan lainnya tidak lepas dari faktor internal misalnya Cabang Olahraga (Cabor) yang sudah menjadi tradisi menyumhang Medali Emas namun nihil sebut saja Panjat Tebing. 


"Kemarin nol medali emas," sebutnya. 


Oleh karenanya menurut Mori perlu dilakukan reformasi bagi Cabor-Cabor yang ada. KONI NTB mengaku banyak belajar pada PON XXI Aceh - Sumut dalam rangka persiapan menjadi tuan rumah 2028. 


Sebagai komitmennya mensukseskan NTB sebagai tuan rumah, Mori akan duduk di Komisi V DPR RI yang mengurus urusan olahraga dari sebelumnya memilih Komisi VII urusan Pertambangan. 


"Tentunya perisapan terus kira lakikan.

Untuk persiapan tuan rumah ini kita punya waktu 4 tahun. Kita berharap NTB akan jadi tuan rumah terbaik secara nasional," ungakpanya. 


Terakhir, Mori mengingatkan Pemprov NTB atas bonus atlit berprestasi. 


Pj Gubernur NTB, Hasanudin merasa bangga dan bersyukur. 


"Saya menyadari target itu adalah penyemangat. Tapi hasil yang kita capai sangat pantas. Ini modal kita semua. 

Mari kita siapkan blue print. Mulai dari sekarang kita benahi," tegas Hasanudin.

Hasanudin menyemangati Cabor maupun atlit yang belum berhasil menyumbang medali emas agar tidak berkecil hati. 


"Ini kita mendapatkan 16 emas, 17 perak dan 21 perunggu. Bagi yang belum berhasil tak usah berkecil hati. Saya sangat puas dan bangga. Selamat bagi kita semua," ujarnya. 


Terkait bonus, Hasanuddin mengatakan tidak perlu ragu. Bonus yang akan diberikan Medali Emas Rp350 juta, Perak 250 juta, perunggu 150 juta. 


"Pelatih juga semua. Kerja kalian penghargaan bagi kita semua," pungkasnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sambut Para Atlet PON XXI Aceh -Sumut, Pemprov NTB dan KONI NTB Ajak Pawai Keliling Kota

Trending Now