SDN 1 Dames Damai Akhirnya Direnovasi Setelah 5 Tahun Rusak Akibat Gempa

Rosyidin
Rabu, September 18, 2024 | 22.30 WIB Last Updated 2024-09-18T14:30:28Z

 

Keceriaan siswa siswi SDN 1 Dames Damai, Kecamatan Suralaga, Lombok Timur. (foto: Rosyidin/MP).

MANDALIKAPOAT.com - Warga Desa Dames Damai, Kecamatan Suralaga, Lombok Timur akhirnya bisa bernapas lega. Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Dames Damai yang rusak parah akibat gempa bumi 2018 beberapa tahun lalu, kini mulai direnovasi total.


Proses renovasi yang sudah berjalan sekitar dua bulan ini menjadi angin segar bagi para siswa dan guru yang selama ini terpaksa belajar di bangunan darurat.


Muhammad Taofik, seorang guru di SDN 1 Dames Damai, mengungkapkan rasa syukur atas dimulainya renovasi ini.


"Kami bersyukur sekali karena akhirnya sekolah kami diperbaiki. Selama ini anak-anak belajar di bangunan darurat yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan," ujar Taufik, saat di temui Mandalikapost.com, Rabu (18/)9).


Taufik juga menjelaskan bahwa dana renovasi sekolah ini berasal dari dana pokok pikiran (pokir) dewan sebesar Rp 800 juta.


Uang ini akan digunakan untuk membangun kembali enam ruang kelas, ruang kepala sekolah, dan membeli perlengkapan sekolah seperti meja, kursi, dan papan tulis.


"Dulu, anak-anak harus belajar di bangunan darurat yang terbuat dari seng. Sekarang mereka bisa belajar di ruangan yang nyaman dan layak." kenang Taofik.


Rasanya seperti mimpi, ungkap Taofik Selama ini pihaknya terus berjuang mencari dana untuk memperbaiki sekolah, tapi baru sekarang keinginannya terkabul.


"Awalnya kami kesulitan mencari dana untuk renovasi. Alhamdulillah berkat bantuan dana pokir dewan, akhirnya sekolah kami bisa diperbaiki," ungkapnya, sembari tersenyum sumringah.


Meskipun begitu, Taufik juga menyoroti beberapa kendala yang dihadapi selama proses renovasi. Salah satunya adalah keterlambatan informasi mengenai proses renovasi.


"Kami baru mendapat informasi detail mengenai renovasi ini sekitar dua bulan yang lalu," keluhnya.


Sebelum gempa, tutur Taofik lebih lanjut SDN 1 Dames Damai adalah salah satu sekolah favorit di desa tersebut. Namun, akibat kerusakan bangunan, jumlah siswa terus menurun hingga saat ini tinggal 50 orang.


"Dulu siswanya kami bisa ratusan. Sekolah kami sangat populer," ujar Taofik.

Renovasi bangunan ruang kelas SDN 1 Dames Damai, Kecamatan Suralaga, Lombok Timur. (foto: Rosyidin/MP).

Dengan adanya bangunan baru, pihak sekolah berharap SDN 1 Dames Damai bisa kembali menjadi sekolah yang berkualitas dan menjadi pilihan utama bagi para orang tua.


"Semoga dengan renovasi ini, minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sini bisa meningkat kembali," imbuhnya.


Selain itu, Taufik juga berharap agar fasilitas sekolah setelah renovasi nanti bisa lebih lengkap.


"Tidak hanya bangunannya saja yang diperbaiki, tetapi juga fasilitas seperti meja, kursi, dan lemari juga perlu dilengkapi," harap Taofik.


Kepala Sekolah SDN 1 Dames Damai, Jamaludin, juga menyampaikan harapan yang sama. Ia berharap dengan adanya renovasi ini, minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SDN 1 Dames Damai bisa meningkat kembali.


"Kami berharap dengan adanya bangunan baru, siswa-siswi kami bisa belajar dengan lebih nyaman dan semangat. Selain itu, kami juga berharap minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah kami bisa meningkat," ujarnya.


Renovasi SDN 1 Dames Damai ini menjadi bukti bahwa perhatian pemerintah terhadap kondisi pendidikan di daerah terdampak bencana masih terus dilakukan. Semoga dengan adanya renovasi ini, kualitas pendidikan di SDN 1 Dames Damai bisa semakin meningkat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SDN 1 Dames Damai Akhirnya Direnovasi Setelah 5 Tahun Rusak Akibat Gempa

Trending Now