BPVP Lombok Timur Cetak Teknisi PLTS Andal, Solusi Energi Bersih untuk NTB

Rosyidin
Jumat, Oktober 04, 2024 | 13.15 WIB Last Updated 2024-10-04T05:15:27Z

Lalu Kukuh, Instruktur Program PLTS di BPVP Lombok Timur menjelaskan sistem cara kerja PLTS di BPVP Lombok Timur. (Foto: Rosyidin/MP).

MANDALIKAPOST.com – Dalam upaya mendorong pemanfaatan energi bersih dan berkelanjutan di Nusa Tenggara Barat (NTB), Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lombok Timur, bekerja sama dengan Pemerintah Swedia, telah sukses menyelenggarakan program pelatihan teknisi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).


Program ini telah berjalan selama tiga tahun dan telah menghasilkan lulusan yang siap terjun langsung ke lapangan.


"Kami sangat antusias dengan program ini. Tujuan utama kami adalah menyediakan tenaga kerja terampil di bidang energi surya yang sangat dibutuhkan di daerah ini," ungkap Lalu Kukuh, Instruktur PLTS BPVP Lombok Timur, saat dikonfirmasi. Jumat (4/10).


Kurikulum yang diterapkan dalam pelatihan ini dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan industri dan perusahaan yang bergerak di bidang energi surya.


Materi pelatihan mencakup instalasi, operasi, dan pemeliharaan sistem PLTS. Hasilnya, banyak alumni BPVP yang kini telah berhasil berkarier di berbagai perusahaan ternama, salah satunya adalah PT Amman.


"Banyak alumni kami yang sudah bekerja di perusahaan besar. Ini membuktikan bahwa kualitas pelatihan yang kami berikan sudah sesuai dengan standar industri," tambah Kukuh.


PLTS memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan di NTB. Selain ramah lingkungan, penggunaan PLTS juga dapat menghemat biaya listrik hingga lebih dari 30%. Namun, pemanfaatan PLTS secara optimal di NTB masih terkendala oleh kurangnya tenaga kerja terampil di bidang ini.


Melihat peluang tersebut, BPVP Lombok Timur tidak hanya berhenti pada proses pelatihan. Mereka juga telah membentuk Asosiasi PLTS yang beranggotakan para alumni.


Asosiasi ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para alumni untuk saling berkolaborasi dan berkontribusi dalam pengembangan energi surya di NTB.


"Kami berharap asosiasi ini dapat berperan aktif dalam menangani proyek-proyek PLTS di NTB, terutama untuk penerangan jalan umum (PJU)," ujar Kukuh.


Selama ini, proyek-proyek PJU di NTB masih banyak yang dikerjakan oleh tenaga kerja dari luar daerah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya tenaga ahli di bidang PLTS di daerah tersebut.


"Padahal, jika kita memiliki tenaga ahli sendiri, kita bisa menghemat biaya dan menciptakan lapangan kerja baru," jelas Kukuh.


Dengan adanya program pelatihan teknisi PLTS di BPVP Lombok Timur, diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut dan mendorong percepatan pengembangan energi bersih di NTB.


Dengan semakin banyaknya tenaga ahli PLTS yang dihasilkan oleh BPVP Lombok Timur, masa depan energi bersih di NTB semakin cerah.



Melalui program pelatihan ini, BPVP Lombok Timur telah memberikan kontribusi nyata dalam upaya mewujudkan NTB yang mandiri energi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPVP Lombok Timur Cetak Teknisi PLTS Andal, Solusi Energi Bersih untuk NTB

Trending Now