BPVP Lotim Gelar Seleksi WorldSkills ASEAN dan Vokasi Begawe

Rosyidin
Selasa, Oktober 01, 2024 | 17.56 WIB Last Updated 2024-10-01T10:00:17Z
Pembukaan Selekda Worldskiils ASEAN di gelar di ruang aula utama BPVP Lombok Timur. (Foto: Rosyidin/MP).

MANDALIKAPOST.com – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lombok Timur  menggelar Seleksi Daerah (Selekda) 14th WorldSkills ASEAN Competition dan rangkaian kegiatan Vokasi Begawe.


Acara yang berlangsung selama lima hari, mulai dari 30 September hingga 4 Oktober 2024 ini, bertujuan menjaring talenta muda berbakat di bidang keahlian tertentu dan mempromosikan program-program pelatihan vokasi di BPVP Lombok Timur.


Pembukaan Selekda secara resmi dilakukan oleh Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, Bapak H. Hasni, SE, M.Ak di tandai dengan pemukulan gong.


Dalam sambutannya, Kepala BPVP Lombok Timur,  Ferry Fahrudin menyampaikan pentingnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional.


"Kompetisi seperti ini,  menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengasah kemampuan dan menunjukkan prestasi di tingkat yang lebih tinggi," kata Ferry.


Selekda kali ini mempertandingkan dua bidang lomba, yaitu Restoran Service dan Cooking. Sebanyak 20 peserta dari berbagai daerah, termasuk Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Sulawesi Selatan, berkompetisi untuk memperebutkan gelar juara.


Selain kompetisi, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik seperti trial class untuk tujuh program pelatihan, job fair, walk in interview, bazar UMKM, dan pameran pelatihan vokasi.


"Kami berharap kegiatan ini dapat memotivasi generasi muda untuk terus mengembangkan potensi diri dan memilih jalur pendidikan vokasi. Dengan keterampilan yang memadai, mereka akan lebih siap menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif," ujar Kepala BPVP Lombok Timur.


Para pemenang kompetisi akan mendapatkan hadiah uang tunai dan sertifikat. Selain itu, seluruh peserta juga akan mendapatkan piagam penghargaan sebagai apresiasi atas partisipasi mereka.


Dengan suksesnya penyelenggaraan Selekda ini, BPVP Lombok Timur semakin memantapkan posisinya sebagai lembaga pelatihan vokasi yang berkualitas dan mampu menghasilkan lulusan yang siap kerja.

Pembukaan Selekda Worldskiils ASEAN di gelar di ruang aula utama BPVP Lombok Timur. (Foto: Rosyidin/MP).

Senada dengan Kepala BPVP Lombok Timur, Ferry Fahrudin PJ Sekretaris Daerah Lombok Timur, Bapak H. Hasni, SE, M.Ak dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar ajang kompetisi.


Namun lebih dari itu, ini adalah wadah bagi para pemuda untuk mengasah kemampuan dan menunjukkan bakat terbaik mereka dalam berbagai bidang keahlian vokasional.


"Worldskills ASEAN telah lama dikenal sebagai sarana yang efektif untuk memotivasi pemuda dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan global dengan keterampilan yang kompeten dan kompetitif," ujar Pj. Sekda.


Seleksi daerah ini diikuti oleh peserta dari berbagai sekolah vokasi, lembaga pelatihan vokasi, serta karyawan industri perhotelan, tidak hanya dari Nusa Tenggara Barat, namun juga dari Bali dan Sulawesi Selatan.


Bersamaan dengan Seleksi Daerah, BPVP Lombok Timur juga menggelar kegiatan Vokasi Begawe. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mempromosikan dan memasifkan pelatihan vokasi di kalangan masyarakat.


"Bulan Oktober telah dicanangkan sebagai Bulan Pelatihan Vokasi. Dengan berbagai kegiatan yang digelar, kami berharap masyarakat semakin memahami pentingnya pelatihan vokasi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia," tambah Hasni.


Hasni berharap para peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya dan mengharumkan nama Kabupaten Lombok Timur di tingkat nasional maupun internasional.


"Anda adalah harapan dan masa depan bagi daerah kita," tegasnya.


Kegiatan Pembukaan Seleksi Daerah 14th Worldskills ASEAN dan Vokasi Begawe ini mendapat apresiasi yang tinggi dari berbagai pihak, termasuk Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan Program Pelatihan Kementerian Ketenagakerjaan, serta Kepala Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Selong.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPVP Lotim Gelar Seleksi WorldSkills ASEAN dan Vokasi Begawe

Trending Now