Debat Perdana Cabup dan Cawabup Pilkada Lombok Timur Siap di Gelar

Rosyidin
Selasa, Oktober 22, 2024 | 08.06 WIB Last Updated 2024-10-22T00:06:53Z
Politik: gambar kelima pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Lombok Timur yang akan bertarung di Pilkada 2924. (Foto: Rosyidin/MP).


MANDALIKAPOST.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur siap menggelar debat perdana para calon bupati dan calon wakil bupati yang berkompetisi pada Pilkada 2024.

Rencananya, pasangan calon (Paslon) peserta Pilkada serentak 2024 ini akan dijadwalkan 2 kali debat untuk memperkenalkan visi dan misinya menahkodai bumi patuh karya disaat mereka terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Lombok Timur periode 2024-2029.

Ketua KPU Lombok Timur, Ada Suci Makbullah memaparkan, debat pertama akan dijadwalkan pada 30 Oktober 2024 mendatang, sedangkan debat kedua di jadwalkan akan berlangsung tanggal 20 November 2024.

“Kita rencanakan untuk debat perdana itu tanggal 30 Oktober ini, untuk debat ke dua nanti tanggal 20 November. Tiga hari sebelum berakhir masa kampanye,” ucap Ada Suci saat dikonfirmasi, Senin (21/10) kemarin.

Untuk mematangkan acara tersebut, tim KPU Lotim juga akan melakukan rapat koordinasi persiapan debat pasangan Cabup dan Cawabup pada tanggal 23 Oktober 2024 bersama tim dari masing-masing Paslon. Juga bersama dengan simpatisan, hingga para anggota Partai Politik (Parpol) pengusung.

Ada Suci juga menegaskan bahwa tema debat Kandidat telah diatur dalam PKPU Nomor 13 Tahun 2024. Tema ini akan mencakup visi, misi, serta isu-isu lokal seperti keamanan, pendidikan, kesehatan, inflasi, dan ekonomi.

Selain itu, lanjut Ada Suci juga materi yang akan disampaikan oleh para pasangan calon harus sesuai dengan visi dan misi serta tema yang sudah ditentukan oleh KPU.

"Para panelis pun, nantinya akan mempersiapkan pertanyaan yang akan diajukan kepada masing-masing kandidat selama debat berlangsung," ujarnya.

Debat kandidat ini, katanya lebih lanjut merupakan kesempatan bagi masyarakat Lombok Timur untuk memahami program yang ditawarkan oleh pasangan calon.

Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menentukan pilihan mereka pada Pilkada mendatang.

Sedang, untuk lokasi debat sudah disepakati bersama di halaman Kantor Bupati Lombok Timur. Ini sesuai saran dari seluruh Forkopimda baik dari TNI ataupun Polri.

“Opsi lain jika hujan dan lain sebagainya lokasinya di BPVP Lenek, Kantor Bupatii dipilih dari segi pertimbangan keamanan dan tata tertib lebih mendukung, seperti untuk pengaturan Latinnya, penerangan, hingga pembagian tempat para simpatisan yang akan menonton,” kata Ada Suci.

Ketua KPU Lotim juga mengingatkan agar semua Paslon mematuhi peraturan yang berlaku selama masa kampanye. Setiap pasangan calon harus mengikuti ketentuan PKPU Nomor 13 Tahun 2024 yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pelaksanaan debat ini diharapkan dapat menjadi ajang transparansi bagi masyarakat untuk menilai kemampuan para calon dan  berjalan dengan lancar sehingga memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat.

“Dengan adanya debat kandidat, masyarakat diharapkan dapat lebih mengenal para calon pemimpin mereka. Debat ini juga akan menjadi sarana penting untuk menguji sejauh mana para kandidat mampu menawarkan solusi bagi berbagai permasalahan di Kabupaten Lotim,” tutupnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Debat Perdana Cabup dan Cawabup Pilkada Lombok Timur Siap di Gelar

Trending Now