DP3AKB Lombok Timur Evaluasi Program Tahun 2024, Fokus pada Optimalisasi dan Perencanaan Anggaran

Rosyidin
Sabtu, Oktober 19, 2024 | 13.55 WIB Last Updated 2024-10-19T05:55:33Z
DP3AKB gelar rapat evaluasi program dan kegiatan tahun anggaran 2024. (Foto: Rosyidin/MP).

MANDALIKAPOST.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Lombok Timur menggelar rapat evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan tahun anggaran 2024 pada Sabtu (19/10).


Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana capaian program yang telah dilaksanakan dan merumuskan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kinerja di masa mendatang.


Kepala DP3AKB Lombok Timur, H. Ahmat, dalam sambutannya menyampaikan bahwa evaluasi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun.


"Sebenarnya evaluasi ini adalah rutinitas, setiap tahun kami lakukan,  tentang program mana yang masih minim, program mana yang menjadi prioritas. Pun realisasi masih di bawah target," ujar H. Ahmat.


Hasil evaluasi ini menunjukkan bahwa masih ada beberapa program yang belum mencapai target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, H. Ahmat menekankan pentingnya mengoptimalkan pelaksanaan program-program tersebut dalam dua bulan ke depan.


"Sisa waktu kita untuk menjalankan program ini hanya 2 bulan, karena di B/bulan Desember itu biasanya hanya 15 hari kerja. Oleh karena itu, penting dilakukan evaluasi terhadap program ini," tegasnya.


Salah satu fokus utama dari evaluasi ini adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing Kelompok Kegiatan (Poktan). H. Ahmat berharap agar Poktan dapat mengoptimalkan kegiatannya sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat.


"Misalnya tentang kegiatan dari masing-masing Kelompok Kegiatan (Poktan) yang sampai sekarang barang kali masih ada yang harus di optimalkan," ungkapnya.


Data yang diperoleh dari evaluasi ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun perencanaan anggaran tahun 2025. H. Ahmat berharap agar perencanaan anggaran yang dibuat dapat lebih tepat sasaran dan efektif.


"Perencanaan dan penganggaran sambung Ahmat sering sekali di akhir tahun. Ternyata baru di tahu banyak yang tidak terpakai, maka  data ini sangat penting dalam rangka menentukan perencanaan dan penganggaran," jelasnya.


Dengan demikian, evaluasi yang dilakukan oleh DP3AKB Lombok Timur ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan efektivitas program-program yang dilaksanakan, serta memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DP3AKB Lombok Timur Evaluasi Program Tahun 2024, Fokus pada Optimalisasi dan Perencanaan Anggaran

Trending Now