Lebih Mudah Obati Gangguan Kulit, Ibu Sundusiah Peserta BPJS Segmen PBI Sangat Bersyukur

Ariyati Astini
Selasa, Oktober 22, 2024 | 12.05 WIB Last Updated 2024-10-22T04:05:52Z

 

Narasumber : Ibu Sundusiah



MANDALIKAPOST.com - Semakin banyak warga Kota Mataram yang menerima manfaat langsung untuk kesehatan mereka melalui program BPJS Kesehatan.


Tak hanya fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai, berbagai penyakit juga mendapatkan akses pelayanan yang cepat dan bermutu.


Masyarakat juga tidak memikirkan masalah biaya perawatan, lantaran semuanya sudah ditanggung pihak BPJS Kesehatan.


Salah satunya adalah Ibu Sundusiah, asal Kota Mataram. Wanita berusia 63 tahun yang mengalami gangguan Kulit yang mengakibatkan gatal-gatal.


Ibu Sundusiah mengungkapkan, kemudahan yang didapatkannya karena terdaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan.


Ibu Sundusiah merupakan peserta BPJS dari Segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI). Segmen kepesertaan PBI merupakan salah satu jenis segmen kepesertaan BPJS Kesehatan yang iuran nya di bayarkan oleh Pemerintah, baik pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat.


"Saya sedang menghadapi masalah kesehatan pada daerah kulit, jika kumat seluruh badan merasa gatal sehingga perlu kontrol rutin ke Puskesmas terdekat,karena penyakit gatal ini suka kambuh tiba-tiba," katanya.


Namun, paparnya, itu tak membuat khwatir karena dengan memiliki BPJS Kesehatan yang aktif.


"Dengan BPJS ini tentunya menjamin biaya berobat membuat saya merasa tenang," ungkap ibu sundusiah pada Sabtu (12/10/2024).


Ia mengaku bersyukur karena bisa terbantu dalam menjalani pengobatan dengan tenang karena terdaftar menjadi peserta JKN.


"Alhamdulillah saya bersyukur sekali berkat adanya Program JKN, saya bisa terbantu, bisa berobat dengan baik dan tenang tanpa ada biaya tambahan sedikitpun. Saya tidak bisa terbayang jika saya harus membayar sendiri, saya tidak mampu , saya cuma Ibu Rumah Tangga biasa,"


Ia menjelaskan, sejak dirinya di diagnosa dengan penyakit kulit, ia telah memanfaatkan Program JKN untuk perawatan dan pengobatannya.


Ibu Sundusiah mengaku, program ini benar-benar membantu dan meringankannya dalam hal finansial, mengingat biaya perawatan penyakit kulit mungkin saja sangat mahal.


'Pelayanan yang saya terima melalui Program JKN sangat memuaskan," katanya.


Ia mengungkapkan program ini pun sangat membantunya dari segi finansial. Meskipun menggunakan JKN, Sundusiah merasa hak-haknya sebagai pasien tetap dipenuhi secara optimal tanpa adanya diskriminasi. Sebagai pasien yang rutin berobat di Puskesmas Sweta, dia tidak mengalami kendala berarti dalam pelayanan yang diberikan.


Dengan segala fasilitas tersebut, ibu Sundusiah mengatakan tidak ada biaya sepeser pun yang keluar selama melakukan kontrol, semua biaya di tanggung oleh BPJS Kesehatan.


Petugas kesehatan melayani dengan sangat ramah dan semua obat yang diperlukan juga disediakan.


"Meskipun saya menggunakan kartu JKN, saya tetap mendapatkan perawatan yang optimal dan hak-hak saya sebagai pasien tetap terpenuhi tanpa diskriminasi," katanya 


"Smerasa sangat bersyukur dengan adanya program ini karena saya bisa fokus pada pemulihan tanpa perlu khawatir tentang biaya. Sebagai pasien yang rutin berobat di Puskesmas, saya merasa pelayanan yang diberikan sangat baik dan profesional," sambung ibu Sundusiah.


Ia juga tidak lupa mengajak seluruh masyarakat untuk segera mendaftarkan diri beserta keluarganya menjadi peserta JKN. 


Menurutnya, dengan JKN, warga bisa  mendapatkan perawatan yang optimal tanpa diskriminasi. 


"Saya sangat menganjurkan semua orang untuk memanfaatkan program JKN agar bisa merasakan manfaatnya juga," pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lebih Mudah Obati Gangguan Kulit, Ibu Sundusiah Peserta BPJS Segmen PBI Sangat Bersyukur

Trending Now