Pj Bupati Lombok Timur Segera Tunjuk Plt Ketua Baznas

Rosyidin
Kamis, Oktober 10, 2024 | 13.20 WIB Last Updated 2024-10-10T05:20:38Z
Pj Bupati Lombok Timur, H.M Juaini Taofik. (Foto: Istimewa/MP).

Lotim, Mandalikapost.com – Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur, H.M. Juaini Taofik, tengah mempersiapkan penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) untuk mengisi kekosongan jabatan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lombok Timur.


Langkah ini diambil menyusul berakhirnya masa jabatan ketua Baznas sebelumnya dan belum terlaksananya proses seleksi oleh Panitia Seleksi (Pansel) yang biasanya dilakukan oleh Bupati definitif.


Dalam keterangannya diterima Mandalikapost.com Kamis (9/10), Pj Bupati Juaini menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Baznas Republik Indonesia (RI) terkait mekanisme penunjukan Plt Ketua Baznas.


Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa langkah yang diambil tidak bertentangan dengan regulasi yang berlaku.


“Karena Baznas sudah ada Undang-undangnya, lalu ok yang meng-SK-kan Bupati tapi tidak boleh bertentangan dengan regulasi Baznas RI,” tegas Pj Bupati Juaini.


Pj Bupati Juaini menilai bahwa penunjukan Plt sangat penting mengingat peran strategis Baznas dalam membantu masyarakat kurang mampu.


Kolaborasi yang kuat antara Baznas dan pemerintah daerah sangat diperlukan untuk memastikan pengelolaan zakat berjalan efektif dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat.


“Ini penting karena Baznas merupakan mitra strategis pemerintah dalam membantu masyarakat kurang mampu. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi yang kuat antara Baznas dan pemerintah daerah agar pengelolaan zakat dapat memberikan dampak yang signifikan,” ujarnya.


Mengingat waktu pelaksanaan Pilkada yang semakin dekat, Pj Bupati Juaini berencana untuk mengusulkan penunjukan Plt terlebih dahulu.


Proses seleksi melalui Pansel akan dilakukan setelah terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati definitif untuk memastikan adanya sinergi yang baik.


“Untuk itu, karena jarak Pilkada sangat mepet mungkin kebijakan kami adalah mengusulkan untuk Plt dulu. Dan nanti panselnya pada saat ada bupati dan wakil bupati terpilih supaya ada sinerginya,” lanjutnya.


Pj Bupati Juaini berharap agar Plt Ketua Baznas yang nantinya ditunjuk dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan integritas.


Selain itu, Plt juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan pengumpulan, pendistribusian, dan pemanfaatan zakat di Kabupaten Lombok Timur.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pj Bupati Lombok Timur Segera Tunjuk Plt Ketua Baznas

Trending Now