Program Kemenkeu Mengajar di Lombok, Tebar Pengetahuan Tentang APBN bagi Pelajar

Ariyati Astini
Rabu, Oktober 09, 2024 | 09.38 WIB Last Updated 2024-10-09T01:38:58Z

 

Program Kemenkeu Mengajar di Lombok





MANDALIKAPOST.com- Generasi muda merupakan penerus bangsa yang harus dididik dan dibekali dengan ilmu pengetahuan yang luas akan lingkungan dan negaranya. Hal ini menjadi atensi Kementerian Keuangan dan menjadi alasan diadakannya kembali kegiatan Kemenkeu Mengajar.


Rilis resmi Kemenkeu yang diterima redaksi Mandalikapost.com menyebutkan, Kemenkeu Mengajar digelar serentak di seluruh Indonesia dan menyasar siswa-siswi dari jenjang SD hingga SMA. Para siswa menerima materi terkait peran Kementerian Keuangan dalam mengelola dana APBN dan manfaatnya bagi kehidupan masyarakat sehari-hari.


Pada tahun 2024, kegiatan Kemenkeu Mengajar yang ke sembilan ini juga digelar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada hari Senin, 7 Oktober 2024. Adapun sekolah yang disasar pada tahun ini yaitu MA Negeri 1 Mataram, SMP Negeri 6 Sekotong, dan SD Negeri 3 Sekotong Barat dengan total pelajar yang disasar yaitu lebih dari 900 siswa pada 24 kelas. 


Melalui pemilihan tiga jenjang sekolah tersebut, diharapkan pelajar dari semua jenjang bisa memahami peranan APBN dalam mewujudkan kecerdasan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat yang tentunya disesuaikan dengan pemahaman tiap tingkat pendidikan.


"Sebagai wujud partisipasi seluruh kalangan, kegiatan mengajar dilaksanakan oleh pegawai sampai pejabat Kementerian Keuangan," bunyi rilis tersebut.


Kepala Perwakilan Kementerian keuangan Nusa Tenggara Barat, Ratih Hapsari Kusumawardani misalnya, menjadi relawan pengajar bagi siswa kelas VI pada SD Negeri 3 Sekotong Barat. 


Kemudian ada Kepala Kantor Bea Cukai, I Made Aryana yang menjadi relawan pengajar bagi siswa kelas VII pada SMP Negeri 6 Sekotong. 


Semua kantor daerah Kementerian Keuangan yang ada di Provinsi NTB baik dari Pajak, Bea Cukai, Perbendaharaan, dan Kekayaan Negara, turut berpartisipasi dalam kerelawanan mengajar ini.


Kegiatan Kemenkeu Mengajar direncanakan untuk terus berlanjut setiap tahun. Bahkan pada masa pandemi, kegiatan ini tetap berlangsung secara daring. Hal ini menjadi bukti komitmen yang kuat dari Kementerian Keuangan untuk terus mengedukasi generasi muda akan pentingnya memahami peranan APBN.(r)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Program Kemenkeu Mengajar di Lombok, Tebar Pengetahuan Tentang APBN bagi Pelajar

Trending Now